Tolak Bantuan G7, Brazil: Lebih Baik untuk Hijaukan Eropa

Selasa, 27 Agustus 2019 - 16:32 WIB
Tolak Bantuan G7, Brazil: Lebih Baik untuk Hijaukan Eropa
Tolak Bantuan G7, Brazil: Lebih Baik untuk Hijaukan Eropa
A A A
BRASILIA - Brazil dilaporkan menolak bantuan dari negara-negara G7 untuk mengatasi kebakaran hutan Amazon. Brazil menyebut, dana tersebut sebaiknya digunakan untuk menghijaukan kembali Eropa.

"Kami menghargai (tawaran), tapi mungkin sumber daya itu lebih relevan untuk menghutankan kembali Eropa," kata Onyx Lorenzoni, kepala staf untuk Presiden Brazil, Jair Bolsonaro, seperti dilansir Sputnik pada Selasa (27/8).

Presiden Prancis, Emmanuel Macron sebelumnya menyatakan, para pemimpin G7 sedang membahas kesepakatan untuk membantu mengatasi kebakaran hutan Amazon. Para pemimpin negara-negara maju itu juga berupaya memperbaiki penggundulan hutan di Amazon yang semakin meningkat.

“Ada beberapa konvergensi nyata untuk disebutkan: semua sepakat membantu negara-negara yang mengalami kebakaran itu,” tutur Macron di Biarritz yang menjadi lokasi konferensi tingkat tinggi (KTT) G7.

Macron menjelaskan, G7 yang terdiri atas Amerika Serikat (AS), Jepang, Jerman, Prancis, Italia, Inggris dan Kanada itu sedang menyelesaikan kesepakatan untuk bantuan teknis dan keuangan.

Macron membawa isu kebakaran Amazon itu dalam agenda KTT G7 setelah menyebutnya sebagai darurat global. Macron juga membuka diskusi tentang bencana itu saat makan makal penyambutan para pemimpin G7. Pejabat Uni Eropa (UE) menjelaskan, para pemimpin G7 sepakat melakukan segalanya untuk membantu mengatasi kebakaran.

Mereka juga memberi mandat pada Macron menghubungi semua negara di kawasan Amazon untuk mengetahui apa yang diperlukan.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6719 seconds (0.1#10.140)
pixels