Bersiap Perang Besar Lawan Hizbullah, Israel Bangun Kota Tenda di Selatan

Sabtu, 10 Agustus 2024 - 11:30 WIB
loading...
Bersiap Perang Besar...
Asap mengepul setelah serangan rudal yang diorganisir Hizbullah Lebanon dari kota Haifa, Israel pada 6 Agustus 2024. Foto/Ibrahim Kamal Hamad/Anadolu Agency
A A A
TEL AVIV - Israel tengah bersiap mendirikan kota tenda di bagian selatan negara itu guna menampung penduduk dari kota-kota di utara jika terjadi kemungkinan perang dengan kelompok Lebanon, Hizbullah.

Harian Israel, Yedioth Ahronoth, melaporkan pada Jumat (9/8/2024) bahwa, “Beberapa dewan regional di Israel selatan, bersama dengan Komando Front Dalam Negeri milik militer, tengah bersiap untuk ribuan orang yang mungkin harus mengungsi."

“Pemerintah daerah di wilayah Ramat Negev tengah bersiap menampung puluhan ribu pengungsi jika terjadi eskalasi di perbatasan utara,” papar surat kabar itu.

Rencana tersebut dilaporkan mencakup pembangunan kota tenda dengan ratusan tempat tidur dan kasur yang telah disediakan.

Harian itu mengutip pernyataan dewan regional yang memperkirakan ribuan warga Israel akan mengungsi ke Negev secara mandiri.

"Karena alasan ini, kami telah mendirikan unit manajemen pengungsi yang bertujuan membantu penduduk yang datang," ungkap dewan regional.

Markas besar darurat dewan melakukan latihan simulasi skenario evakuasi massal dua pekan lalu, menurut sumber yang sama.

"Mengevakuasi ribuan orang dari utara adalah skenario yang realistis, dan akan lebih baik jika mempersiapkannya enam bulan lalu," ujar kepala dewan, Eran Doron.

Sejak pekan lalu, Israel telah mengumumkan keadaan siaga di sepanjang perbatasan Lebanon untuk mengantisipasi respons Hizbullah terhadap pembunuhan pemimpin kelompok itu, Fuad Shukr, oleh Israel di ibu kota Lebanon, Beirut, pada 30 Juli.

Dalam beberapa hari terakhir, media Israel telah melaporkan Tel Aviv memperkirakan Hizbullah akan meluncurkan serangan roket besar-besaran ke utara.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1710 seconds (0.1#10.140)