alexametrics

Pekerja Konsulat Inggris Dilaporkan Ditahan China

loading...
Pekerja Konsulat Inggris Dilaporkan Ditahan China
Igngris prihatin dengan laporan salah satu pekerjan konsulatnya di Hong Kong dilaporkan ditahan oleh China. Foto/Istimewa
A+ A-
BEIJING - Inggris mengungkapkan keprihatinnnya terkait adanya laporan bahwa seorang staf konsulat di bekas koloninya di Hong Kong telah ditahan oleh China.

Simon Cheng tidak masuk bekerja pada 9 Agustus setelah mengunjungi kota tetangga Shenzhen, sehari sebelumnya. Hal itu dilaporkan oleh situs berita Hong Kong, HK01, mengutip wawancara dengan pacar dan keluarganya.

"Kami sangat prihatin dengan laporan bahwa seorang anggota tim kami telah ditahan kembali ke Hong Kong dari Shenzhen," seorang perwakilan Kantor Luar Negeri dan Persemakmuran Inggris dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan oleh kedutaan Inggris di Beijing seperti dikutip dari Reuters, Selasa (20/8/2019).



"Kami memberikan dukungan kepada keluarganya dan mencari informasi lebih lanjut dari pihak berwenang di Provinsi Guangdong dan Hong Kong," kata perwakilan itu.

Kementerian Luar Negeri China dan polisi Hong Kong tidak segera menanggapi permintaan komentar.

Hong Kong telah dicengkeram oleh protes anti-pemerintah dalam beberapa pekan terakhir. Beijing menuduh Inggris dan negara-negara Barat lainnya ikut campur dalam urusannya.

Sementara Inggris, Amerika Serikat (AS) dan negara-negara lain mendesak China untuk menghormati formula "satu negara, dua sistem" saat Hong Kong kembali ke China pada tahun 1997.
(ian)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak