Mimpi, China Gabung dengan Patroli Selat Hormuz AS

Minggu, 18 Agustus 2019 - 16:33 WIB
Mimpi, China Gabung dengan Patroli Selat Hormuz AS
Mimpi, China Gabung dengan Patroli Selat Hormuz AS
A A A
BEIJING - Media China, Global Times, menyatakan adalah sebuah angan-angan jika mengharapkan Beijing bergabung dengan misi angkatan laut pimpinan Amerika Serikat (AS) untuk melindungi jalur pelayaran di Teluk Persia.

Menurut Global Times, meskipun beberapa orang di AS mungkin berharap China akan terlibat dalam misi itu untuk meredakan ketegangan dengan Iran, namun itu tidak mungkin karena akan membahayakan kepentingan Beijing dan Teheran.

"Ini jelas angan-angan. Iran adalah mitra strategis yang komprehensif dari China dan China didedikasikan untuk menjaga perdamaian dan stabilitas di Teluk Persia. Koalisi seperti itu hanya akan merusak kepentingan Iran dan dengan demikian China," kata laporan itu seperti dikutip dari Sputnik, Minggu (18/8/2019).

Media itu melanjutkan dengan menggarisbawahi kerja sama Beijing yang sukses dengan Iran dalam memerangi pembajakan, dan upaya bersama untuk menjaga stabilitas serta keamanan regional.

Laporan itu menambahkan bahwa China telah mengirim armada laut dalam misi pengawalan ke Teluk Aden, perairan lepas Somalia dan mendirikan pangkalan pendukung di Djibouti untuk kapal-kapal militernya.

"Seharusnya ada koalisi maritim, tapi jelas bukan yang dipimpin oleh AS atau yang dimaksudkan untuk melayani kepentigan strategi AS. Koalisi itu sebenarnya harus melindungi kepentingan negara-negara Teluk Persia dan mitra dagang sah mereka," kata Global.

Laporan Global Times menekankan bahwa meskipun konon disusun untuk memastikan keamanan maritim di Teluk, rencana AS untuk misi pengawalan angkatan laut melalui Selat Hormuz pada kenyataannya adalah bagian dari strategi jangka panjang Washington untuk secara komprehensif menindak Iran.

Beberapa negara telah menanggapi kampanye propaganda AS melawan Iran, surat kabar itu menambahkan, dengan menyalahkan kesombongan Washington dan langkah-langkah ceroboh yang telah menyebabkan ketegangan melonjak di Teluk Persia.

Washington telah berusaha membangun koalisi untuk berpatroli di perairan Teluk Persia setelah beberapa insiden serangan terhadap kapal tanker minyak di dekat Selat Hormuz dalam beberapa bulan terakhir. Semua insiden itu terjadi setelah AS mulai meningkatkan kehadirannya di wilayah tersebut.

Hingga saat ini, hanya beberapa negara yang menanggapi permintaan AS untuk bergabung dengan misi angkatan lautnya.

Inggris tetap menjadi satu-satunya sekutu AS yang mendaftar untuk misi tersebut.

Pada tanggal 5 Agustus Inggris setuju untuk bergabung dengan misi pengawalan kapal tanker AS, dengan para pejabat Inggris menekankan, bagaimanapun, bahwa tidak ada perubahan pada kebijakan London tentang Iran dan negara itu tidak akan bergabung dengan sanksi Washington yang menargetkan Teheran.

AS dilaporkan telah meminta Jerman untuk membantunya mengamankan selat dan menahan Iran, tetapi Berlin menanggapi dengan menekankan bahwa mereka tidak ingin menjadi bagian dari kampanye "tekanan maksimum" Washington terhadap Teheran.

Menteri Luar Negeri Jerman, Heiko Maas, berpendapat tidak mungkin ada solusi militer untuk kebuntuan AS-Iran di selat itu, yang dilalui sepertiga dari pengiriman minyak dunia. Ia menambahkan taruhannya adalah pada diplomasi.

Anggota parlemen senior di SPD dan CDU Angela Merkel juga menolak gagasan itu.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4542 seconds (0.1#10.140)