Khaled Mashal, Calon Pemimpin Hamas yang Pernah Selamat dari Misi Pembunuhan Mossad Israel

Senin, 05 Agustus 2024 - 17:15 WIB
loading...
A A A
Untungnya, Mashal masih berhasil bertahan hidup. Setelah itu, Raja Hussein dari Yordania menangkap agen Mossad yang bertanggung jawab.

Dia pun mengancam akan membatalkan perjanjian damai yang baru dibuat dengan Israel apabila Mossad tidak memberikan penawar racun yang dipakai kepada Mashal.

Setelah mencapai kesepakatan, para agen itu dibebaskan dengan imbalan permintaan maaf atas pembunuhan yang gagal dan pembebasan 20 tahanan Palestina.

Meski agen Mossad itu dibebaskan, kegagalan misi pembunuhan Mashal menjadi aib tersendiri bagi Israel. Padahal, sebelumnya Mossad dikenal sebagai intelijen terlatih yang hampir semua misinya berjalan sukses.

Selamat dari upaya pembunuhan, Mashal tetap menjadi kepala biro politik Hamas hingga 2017. Setelah posisinya digantikan Ismail Haniyeh, keberadaannya tidak diketahui secara pasti dan hanya disebutkan berada di ‘pengasingan’.

Terbaru, menyusul insiden terbunuhnya Haniyeh di Iran, nama Mashal muncul sebagai kandidat penggantinya.
Berbekal pengalaman dan potensi yang dimiliki, dia akan jadi penantang kuat nama-nama lain seperti Yahya Sinwar hingga Deif.

Demikianlah ulasan mengenai sosok Khaled Mashal, calon pengganti Ismail Haniyeh yang pernah lolos dari aksi percobaan pembunuhan Mossad Israel.

(sya)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1169 seconds (0.1#10.140)