alexametrics

Teheran Klaim Inggris Bakal Bebaskan Tankernya

loading...
Teheran Klaim Inggris Bakal Bebaskan Tankernya
Iran mengklaim Inggris akan membebaskan kapal tanker Grace 1. Foto/Istimewa
A+ A-
TEHERAN - Iran mengatakan bahwa Inggris akan segera membebaskan kapal tanker minyaknya Grace 1. Hal itu dilakukan setelah pertukaran beberapa dokumen yang akan membantu pembebasan kapal yang disita itu.

"Inggris tertarik untuk melepaskan tanker minyak Iran Grace 1 setelah pertukaran beberapa dokumen, kami berharap pembebasan itu akan segera terjadi," kata Wakil Kepala Pelabuhan dan Organisasi Maritim Iran, Jalil Eslami, dalam pernyataan yang dilaporkan oleh kantor berita Iran, IRNA, seperti dilansir Reuters, Selasa (13/8/2019).

Marinir Kerajaan Inggris menangkap kapal tanker minyak Iran Grace 1 pada 4 Juli di lepas pantai wilayah Mediterania Britania di Gibraltar. Kapal tersebut diduga telah melanggar sanksi Uni Eropa dengan membawa minyak ke Suriah, yang dibantah oleh Iran.



"Kapal itu disita berdasarkan tuduhan palsu ... kapal itu belum dibebaskan," kata Eslami.

Dua minggu setelah penangkapan kapal tanker Iran, Garda Revolusi Iran menangkap sebuah kapal tanker Inggris, Stena Impero, dekat Selat Hormuz. Iran menuduhnya melakukan pelanggaran laut. Inggris menganggap tindakan itu sebagai pembalasan ilegal.

Kejadian ini membuat Inggris mencetuskan usulan untuk membuat patroli maritim gabungan yang dipimpin oleh Uni Eropa di Selat Hormuz untuk mengamankan kapal tanker yang melalui jalur laut vital bagi perdagangan minyak dunia itu. Sejumlah negara seperti Prancis, Italia, Belanda dan Denmark menyatakan kesediaannya untuk ikut dalam misi tersebut.

Sebelumnya, proposal untuk melindungi Selat Hormuz juga datang dari AS pada bulan Juni lalu. Namun saat itu negara-negara Eropa tidak tertarik dengan ide tersebut.
(ian)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak