Pakar Prediksi Serangan Iran ke Israel Akan Datang dari Berbagai Front

Minggu, 04 Agustus 2024 - 18:10 WIB
loading...
Pakar Prediksi Serangan...
Serangan Iran ke Israel diprediksi akan datang dari berbagai front. Foto/EPA
A A A
GAZA - Iran akan melancarkan serangan ke wilayah Israel dari berbagai front. Selain, Teheran juga akan dibantu oleh para kelompok proksinya, baik Houthi hingga Hizbullah.

Negar Mortazavi, seorang peneliti senior di Center for International Policy, berbasis di di Washington, Amerika Serikat itu mengatakan bahwa ia memperkirakan Iran akan membalas pembunuhan Haniyeh dengan cara yang mirip dengan responsnya pada bulan April ketika Israel menyerang gedung konsulatnya di Suriah.

"Namun kali ini pembalasannya kemungkinan akan lebih parah dan dari berbagai front," katanya, dilansir Al Jazeera.

Mortazavi mengungkapkan, pada bulan April, Iran pada dasarnya memamerkan berbagai rudal dan pesawat nirawak yang mereka tembakkan secara terbuka ke Israel dari tanah Iran untuk pertama kalinya. "Itu belum pernah terjadi sebelumnya. Iran dan Israel telah terlibat dalam perang bayangan, tetapi serangan semacam itu belum pernah terjadi sebelumnya," kata Mortazavi.

Meskipun demikian, menurut Mortazavi, mereka memberi tahu bahwa mereka akan melakukannya. Mereka butuh waktu cukup lama untuk melakukannya. "Mereka menggunakan jalur belakang untuk mempersiapkan pihak lain melalui AS dan beberapa sekutu, [untuk] meminimalkan kerusakan dan mencegah jatuhnya korban di pihak lain," katanya.

Mortazavi menduga sesuatu yang serupa, mungkin sedikit lebih parah, karena Iran melihat pembunuhan Haniyeh juga sebagai eskalasi lain di pihak Israel.

"Namun, saya pikir apa yang kita lihat pada bulan April mungkin serupa dengan apa yang akan kita perkirakan, tetapi mungkin dari berbagai sisi. Karena ini adalah serangan terhadap Hizbullah dan Hamas secara bersamaan. Jadi, kedua sekutu utama ini mungkin juga terlibat," paparnya.



Selanjutnya, Mortazavi menjelaskan bahwa pertanyaannya adalah bagaimana – bukan apakah – Iran akan menanggapi pembunuhan Haniyeh di Teheran.

“Wilayah ini telah berada di ujung tanduk selama sembilan bulan terakhir. Perang terus meluas, meskipun perlahan ke berbagai front dan ini adalah titik balik lain yang dapat menyebabkan eskalasi besar,” katanya kepada Al Jazeera.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1762 seconds (0.1#10.140)