Ukraina dan Indonesia Perkuat Kerja Sama Bilateral di Tengah Pandemi

Selasa, 25 Agustus 2020 - 00:01 WIB
loading...
Ukraina dan Indonesia Perkuat Kerja Sama Bilateral di Tengah Pandemi
Monumen Kemerdekaan dan bendera nasional Ukraina di Kiev, Ukraina. Foto/REUTERS
A A A
JAKARTA - Pemerintah Ukraina dan Indonesia memperkuat kerja sama bilateral di berbagai bidang. Salah satu kerja sama itu di bidang penanganan wabah virus corona.

“Berkenaan dengan situasi pandemi, kami berterima kasih atas bantuan pihak Indonesia kepada warga negara Ukraina yang tertahan di Indonesia akibat kebijakan penanganan Covid-19,” ungkap pernyataan Kedutaan Besar (Kedubes) Ukraina di Indonesia.

Kedubes Ukraina menjelaskan, kondisi hubungan Indonesia dan Ukraina saat ini memiliki kerjasama bilateral yang sangat baik.

“Saat ini kami sedang mencari kesempatan untuk mengulangi keberhasilan kunjungan kenegaraan Presiden Ukraina ke Indonesia pada tahun 2016,” papar Kedubes Ukraina.

Pertemuan dengan Presiden Indonesia tersebut mencerminkan keinginan bersama untuk memperkuat kerjasama bilateral bidang politik, perdagangan, investasi, pendidikan dan pariwisata.

Perlu dicatat bahwa kerja sama bilateral antar-parlemen juga mengalami peningkatan setelah kunjungan Presiden tersebut.

Ukraina berharap, dialog politik tingkat tinggi kita akan dihidupkan kembali setelah situasi memungkinkan.

“Ukraina sangat mengapresiasi dukungan dari Republik Indonesia atas kedaulatan dan keutuhan wilayah,” ungkap Kedubes Ukraina.

Indonesia mendukung Resolusi Majelis Umum PBB “Integritas Wilayah Ukraina” yang menegaskan integritas wilayah Ukraina dalam perbatasan yang diakui secara internasional dan menggarisbawahi ketidakabsahan referendum Krimea 2014.

“Ini sangat penting bagi negara kami mengingat agresi hibrida Rusia yang terus berlangsung,” ujar pernyataan Kedubes Ukraina.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1225 seconds (0.1#10.140)