Siapakah Fuad Shukr? Komandan Hizbullah yang dibunuh Israel di Beirut

Kamis, 01 Agustus 2024 - 19:50 WIB
loading...
Siapakah Fuad Shukr?...
Fuad Shukr merupakan komanda Hizbullah yang kerap menjadi arsitek serangan Hizbullah ke Israel. Foto/EPA
A A A
GAZA - Pada Selasa malam (30/7/2024), Israel melancarkan serangan udara yang menewaskan komandan Hizbullah Fuad Shukr di Beirut, Lebanon. Ini terjadi beberapa jam sebelum pembunuhan pemimpin politik Hamas, Ismail Haniyeh, di Iran, yang mana kelompok Palestina tersebut menyalahkan Israel.

Hizbullah mengonfirmasi kematian Shukr dalam serangan udara pada Rabu malam, sehari setelah Israel mengklaim telah membunuh pemimpin Hizbullah tersebut.

Siapakah Fuad Shukr? Komandan Hizbullah yang dibunuh Israel di Beirut

1. Pendiri Sayap Militer Hizbullah

Siapakah Fuad Shukr? Komandan Hizbullah yang dibunuh Israel di Beirut

Foto/EPA

"Shukr adalah salah satu dari sejumlah pejabat veteran Hizbullah yang termasuk di antara para pendiri sayap militer kelompok tersebut," kata Nicholas Blanford, seorang pakar Hizbullah di lembaga pemikir Atlantic Council, dilansir Al Jazeera.

2. Selalu Hidup dalam Bayang-bayang

Siapakah Fuad Shukr? Komandan Hizbullah yang dibunuh Israel di Beirut

Foto/EPA

"Mereka selalu hidup dalam bayang-bayang," katanya tentang para pemimpin militer kelompok tersebut.

Meskipun demikian, pejabat militer Israel menggambarkan Shukr sebagai penasihat dekat sekretaris jenderal Hizbullah, Hassan Nasrallah, dan orang yang bertanggung jawab untuk memperoleh sebagian besar senjata canggih kelompok tersebut, "termasuk rudal berpemandu presisi, rudal jelajah, rudal antikapal, roket jarak jauh, dan UAV".

Shukr adalah teman dekat mantan komandan militer Hizbullah, Imad Mughniyeh, yang dibunuh oleh Israel di Damaskus pada tahun 2008, setelah itu, kedudukan Shukr dalam kelompok tersebut meningkat, kata Hizbullah.

3. Israel Menuding Shukr Bertanggungjawab atas Serangan ke Suku Druze

Siapakah Fuad Shukr? Komandan Hizbullah yang dibunuh Israel di Beirut

Foto/EPA

Mengapa Israel baru saja menargetkannya? Menurut perencana militer Israel, Shukr bertanggung jawab atas serangan rudal yang menewaskan 12 anak yang sedang bermain sepak bola di Majdal Shams di Dataran Tinggi Golan yang diduduki pada hari Sabtu.

Hizbullah, pada bagiannya, membantah bertanggung jawab atas serangan tersebut. Pemogokan tersebut terbukti menjadi titik api dalam politik Israel ketika delegasi menteri Israel yang berusaha mengunjungi pemakaman beberapa anak yang terbunuh — setelah mengabaikan permintaan untuk tidak melakukannya — diserang secara verbal oleh penduduk desa yang berduka atas kehilangan anak-anak tersebut.


4. Dikenal sebagai al-Hajj Mohsen

Siapakah Fuad Shukr? Komandan Hizbullah yang dibunuh Israel di Beirut

Foto/EPA

Melansir Al Jazeera, Shukr, yang juga dikenal sebagai al-Hajj Mohsen, lahir di Nabatieh di Baalbek di Lebanon timur.

Dua puluh tahun kemudian, ia menjadi salah satu pendiri Hizbullah setelah invasi Israel ke Lebanon pada tahun 1982. Shukr mempertahankan perannya dalam kelompok tersebut sepanjang tahun 1980-an, dengan Amerika Serikat menuduhnya mengawasi pengeboman barak Korps Marinir AS di Beirut pada tahun 1983 ketika ia berusia awal 20-an.

5. Dalang Berbagai Serangan ke Israel

Menurut militer Israel, Shukr menggawangi banyak serangan terhadap militer Israel dan mantan sekutunya, Tentara Lebanon Selatan (SLA) selama dekade berikutnya.

Pada tahun 2000, pejabat Israel menuduhnya mengatur penculikan dan pembunuhan tiga tentara Israel selama serangan Hizbullah di wilayah Shebaa Farms, sebidang tanah kecil di persimpangan Suriah, Lebanon, dan Dataran Tinggi Golan yang diduduki Israel yang kedaulatannya masih diperdebatkan.

Selain dicari oleh Israel, Shukr juga dicari oleh AS. Sebuah postingan di situs web Rewards for Justice milik pemerintah AS menawarkan pembayaran hingga USD5 juta untuk informasi tentang Shukr setelah menobatkannya sebagai “Teroris Global yang Ditunjuk Khusus” pada tahun 2019.

(ahm)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1281 seconds (0.1#10.140)