Mengapa Pembunuhan Ismail Haniyeh Jadi Tamparan Keras bagi Iran?

Rabu, 31 Juli 2024 - 21:10 WIB
loading...
A A A
Bahwa Iran telah menerima pesan tersebut jelas terlihat dari pertemuan darurat Dewan Keamanan Nasional Tertinggi yang diadakan di kediaman Khamenei. Pertemuan semacam itu hanya terjadi dalam keadaan luar biasa, media AS melaporkan, mengutip dua pejabat Iran.

2. Ismail Haniyeh Jadi Target Utama Israel sejak 7 Oktober 2023

Mengapa Pembunuhan Ismail Haniyeh Jadi Tamparan Keras bagi Iran?

Foto/EPA

Haniyeh, yang sempat menjabat sebagai Perdana Menteri Otoritas Palestina pada tahun 2006, adalah salah satu pemimpin politik utama Hamas. Bersama dengan para pemimpin militer lainnya seperti Yahya Sinwar, Israel menyalahkan Haniyeh atas serangan 7 Oktober di mana teroris Hamas membantai lebih dari 1.000 warga Israel dan menyandera puluhan lainnya.

Meskipun Israel tidak mengklaim bertanggung jawab atas pembunuhan Ismail Haniyeh, sebagian besar pihak menuding Israel sebagai dalangnya.

Sebuah pernyataan dari Garda Revolusi Islam menyalahkan Israel atas serangan tersebut, dengan mengatakan Haniyeh tewas dalam "serangan berbahaya Zionis di kediamannya di Teheran".

Israel telah menyatakan semua pemimpin politik dan militer Hamas menjadi target sejak serangan 7 Oktober.

Israel telah memburu Ismail Haniyeh dan anggota keluarganya, yang dituduhnya sebagai bagian dari persaudaraan Hamas.

Israel menargetkan kediaman Haniyeh di Kota Gaza hanya sebulan setelah serangan 7 Oktober. Pada bulan April, ketiga putra Haniyeh juga tewas dalam serangan udara Israel. Pada bulan Juni, serangan udara lainnya menewaskan 10 anggota keluarga Haniyeh di kamp pengungsi Shati di Gaza utara.


3. Israel Mampu Bergerak Leluasa di Iran

Mengapa Pembunuhan Ismail Haniyeh Jadi Tamparan Keras bagi Iran?

Foto/EPA

Pembunuhan Ismail Haniyeh menunjukkan bahwa Israel memiliki kemampuan untuk menyerang di mana dan kapan pun yang diinginkannya.

Israel tidak bereaksi spontan ketika melihat serangan skala besar dari Iran melalui 300 pesawat nirawak dan rudal pada 13 April 2024. Serangan itu adalah serangan langsung pertama dari wilayah Iran terhadap Israel.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0829 seconds (0.1#10.140)