Mengapa Pembunuhan Ismail Haniyeh Jadi Tamparan Keras bagi Iran?

Rabu, 31 Juli 2024 - 21:10 WIB
loading...
A A A
Serangan itu terjadi setelah dua komandan militer Iran dan seorang jenderal lainnya tewas dalam dugaan serangan Israel di Damaskus pada 1 April.

Pada 19 April, Israel menyerang sistem pertahanan rudal S-300 di dekat Esfahan di Iran. Serangan ini menunjukkan kemampuan Israel untuk menargetkan jauh di dalam Iran, menghindari deteksi dan pertahanan udara, membuat fasilitas nuklir dan militer Iran lebih rentan terhadap serangan.

Pembunuhan Ismail Haniyeh akan dilihat sebagai kehilangan muka bagi Iran karena gagal melindungi aset. Hamas didanai oleh Iran dan Teheran dalam kasus ini gagal melindungi seorang pemimpin yang berkunjung pada sebuah upacara resmi.

Para ahli melihat Iran akan segera melakukan serangan balasan terhadap serangan di Teheran.

"Iran dapat meluncurkan serangan rudal terhadap Israel dan mencoba membebani sistem pertahanan udaranya seperti yang kita lihat beberapa bulan lalu. Iran juga dapat melancarkan serangan teroris terhadap instalasi Israel, tidak hanya di Timur Tengah tetapi di mana pun di dunia," kata Kolonel Angkatan Udara AS yang sudah pensiun, Cedric Leighton, kepada CNN.

(ahm)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1087 seconds (0.1#10.140)