Riwayat Karier Politik Ismail Haniyeh, Pemimpin Senior Hamas yang Pernah Jadi Perdana Menteri

Rabu, 31 Juli 2024 - 12:45 WIB
loading...
Riwayat Karier Politik...
Pemimpin Hamas Ismail Haniyeh berbicara kepada para pendukung Hamas selama rapat umum memperingati ulang tahun ke-30 kelompok tersebut, di Kota Gaza, Jalur Gaza pada tanggal 14 Desember 2017. Foto/EPA-EFE/MOHAMMED SABER
A A A
GAZA - Pemimpin senior Hamas Ismail Haniyeh dilaporkan tewas dalam serangan di Iran. Kabar ini muncul menyusul pernyataan yang dibuat Korps Garda Revolusi Iran (IRGC).

Melihat ke belakang, Haniyeh menjadi salah satu sosok penting di kelompok Hamas. Tak tanggung-tanggung, posisinya adalah Ketua Biro Politik Hamas.

Berkaca pada statusnya, Haniyeh sebenarnya sering masuk dalam daftar rencana pembunuhan oleh intelijen dan militer Israel. Lebih jauh, berikut ini riwayat politik Ismail Haniyeh yang bisa diketahui.

Riwayat Politik Ismail Haniyeh


Lahir pada 29 Januari 1962, Ismail Haniyeh tumbuh di kamp pengungsi Shati, Jalur Gaza. Sebagaimana anak-anak lain, dia menghabiskan pendidikan dasarnya di sekolah yang dijalankan PBB.

Beranjak dewasa, Haniyeh masuk Universitas Islam Gaza. Selama kuliah, dia terkenal cukup aktif dalam berbagai kegiatan, termasuk bergabung dengan asosiasi mahasiswa Islam yang terafiliasi Ikhwanul Muslimin.

Selama intifada pertama, Haniyeh bergabung dengan Hamas dan menjadi salah satu anggota termuda. Atas aksinya, dia bahkan sempat ditangkap otoritas Israel pada 1988 dan akhirnya diasingkan ke Lebanon.



Saat kembali ke Palestina, Haniyeh mendapat sambutan hangat dari Hamas. Dia bahkan disebut juga sempat ditunjuk menjadi dekan di Universitas Islam.

Peran strategis Haniyeh di Hamas dimulai pada 1997. Waktu itu, dia menjadi sekretaris pribadi pemimpin spiritual Hamas, Ahmed Yassin. Maka dari itu, tak jarang dirinya turut menjadi target percobaan pembunuhan oleh Israel.

Setelah kematian pemimpin Hamas sebelumnya, Haniyeh ditunjuk menjadi bagian kepemimpinan kolektif rahasia. Sebagai hasilnya, dia sukses membawa Hamas memenangkan pemilihan legislatif tahun 2006.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1439 seconds (0.1#10.140)