Mengenal Drone Yafa, Senjata Baru Houthi yang Tembus Pertahanan Israel

Kamis, 25 Juli 2024 - 14:09 WIB
loading...
Mengenal Drone Yafa,...
Drone Yafa, senjata baru Houthi Yaman yang tembus pertahanan Israel di Tel Aviv. Foto/EPA-EFE/HOUTHIS MEDIA CENTER
A A A
JAKARTA - Drone Yafa tengah menjadi sorotan baru-baru setelah pesawat nirawak kamikaze milik Houthi Yaman tersebut sukses menyerang Tel Aviv tanpa ditembak jatuh oleh sistem pertahanan rudal Israel.

Juru bicara Houthi Yahya Saree mengeklaim bahwa drone itu mampu melewati sistem intersepsi dan tidak terdeteksi oleh radar Zionis.

Drone itu meledak di sekitar apartemen di dekat area diplomatik Amerika Serikat. Satu orang tewas dan sekitar 10 lainnya terluka akibat ledakan senjata tersebut.



Apa Itu Drone Yafa?


Drone Yafa, atau biasa disebut juga Jaffa, merupakan pesawat nirawak milik kelompok Houthi Yaman.

Menurut Pasukan Pertahanan Israel (IDF), Yafa diidentifikasi sebagai pesawat nirawak Samad-3 buatan Iran. Namun, beberapa bagiannya telah dimodifikasi, sehingga tampak berbeda termasuk untuk jarak jangkauannya.

Militer Israel berdalih berbagai sistem pertahanan rudal Israel, termasuk Iron Dome, tidak menembak jatuhdronetersebut karena faktor human error.

Media militer Houthi mengeklaim bahwa drone tersebut adalah hasil buatan sendiri. Mengutip Al Mayadeen, Yafa menjadi pesawat nirawak multiguna jarak jauh yang dirancang dengan canggih.

Yafa juga dilengkapi hulu ledak berkekuatan tinggi serta sistem canggih yang mampu menghindari radar dan pertahanan udara musuh. Karena statusnya baru, Yafa disebut pertama dipakai selama operasi melawan Israel baru-baru ini.

Nama Yafa atau Jaffa didasarkan pada Kota Jaffa, pusat komersial Palestina yang diserang Israel tahun 1948. Sejak itu, wilayahnya sudah hilang karena ditelan oleh kota Tel Aviv.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1405 seconds (0.1#10.140)