8 Presiden AS yang Pernah Mundur dari Pencapresan, dari Lyndon B Johnson hingga Joe Biden

Senin, 22 Juli 2024 - 15:50 WIB
loading...
A A A

6. Pemilu 1852: Millard Fillmore

Fillmore adalah wakil presiden dari Presiden Partai Whig yang konservatif Zachary Taylor, yang meninggal pada tahun 1850, kurang lebih setahun setelah menjabat.

Konvensi Partai Whig pada bulan Juni 1852 tidak memilih Fillmore dan malah memilih Winfield Scott untuk mencalonkan diri dalam pemilu 2 November. Hal ini terjadi menyusul perpecahan antara pendukung Fillmore dan Menteri Luar Negeri Daniel Webster.

Scott kalah dalam pemilihan dari Partai Demokrat Franklin Pierce.

7. Pemilu 1844: John Tyler

Melansir Al Jazeera, Tyler adalah cawapres Presiden Whig William Henry Harrison, yang menjabat setelah memenangkan pemilu tahun 1840.

Harrison meninggal karena penyakit akut pada tahun 1841. Setelah itu, Tyler dilantik sebagai presiden – pertama kalinya seorang Wakil Presiden mengambil alih jabatan presiden pada pertengahan masa jabatan setelah kematian seorang petahana.

Selama masa kepresidenannya, Tyler kehilangan dukungan dari partainya dan diusir oleh Whig pada tahun 1842. Pada tahun 1844, ia tetap mencalonkan diri kembali setelah upayanya untuk mencaplok Texas – yang akan memperluas wilayah perbudakan sambil mempertaruhkan perang dengan Meksiko – memecah belah bangsa.

Namun, Partai Demokrat memilih James Polk. Partai Whig, sementara itu, menolak pencalonan Tyler di konvensi nasional partai tersebut, dan memilih Henry Clay sebagai gantinya. Pada tanggal 20 Agustus 1844, Tyler keluar dari perlombaan.

Polk memenangkan pemilu melawan Clay.

8. Pemilu 2024: Joe Biden

8 Presiden AS yang Pernah Mundur dari Pencapresan, dari Lyndon B Johnson hingga Joe Biden

Foto/EPA

Setelah tekanan yang meningkat selama berminggu-minggu, Joe Biden pada hari Minggu mengundurkan diri dari pemilihan presiden bulan November.

Pengunduran diri Biden dari pencalonan presiden AS membuka pertanyaan tentang siapa yang mungkin menggantikannya sebagai calon presiden dari Partai Demokrat kurang dari empat bulan sebelum pemungutan suara. Biden sendiri mendukung Wakil Presiden Kamala Harris untuk pencalonan partai tersebut, tetapi Konvensi Nasional Partai Demokrat, yang dijadwalkan pada bulan Agustus, adalah tempat di mana penerus Biden sebagai pengusung standar mungkin akan diputuskan.

Tekanan terhadap presiden untuk menarik diri mulai meningkat dari dalam partainya menyusul kinerja buruk dalam debat presiden pada tanggal 27 Juni, ketika ia menggumamkan jawaban-jawabannya dan kadang-kadang tampak kehilangan arah berpikir. Dalam beberapa hari terakhir, banyak pemimpin Partai Demokrat, termasuk anggota Kongres dan pendukung partai yang berpengaruh, telah meminta Trump untuk mundur dari pencalonan. Pada hari Kamis, diumumkan bahwa dia menderita COVID-19.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1519 seconds (0.1#10.140)