alexametrics

Polisi Gibraltar Bebaskan Empat Kru Tanker Iran

loading...
Polisi Gibraltar Bebaskan Empat Kru Tanker Iran
Pihak kepolisian Gibraltar membebaskan kru kapal tanker Iran. Foto/Istimewa
A+ A-
WESTSIDE - Pihak kepolisian Gibraltar mengatakan empat anggota awal kapal tanker minyak Iran yang ditangkap telah dibebaskan dengan jaminan. Kapal tanker Grace I ditangkap karena melanggar sanksi Uni Eropa terhadap Suriah.

Polisi mengatakan mereka dibebaskan dalam status yang belum ditentukan tetapi tidak tuntutan yang diajukan. Ditambahkan bahwa penyelidikan serang berlangsung dan kapal tanker, Grace I, terus disita.

Para pejabat mengatakan bahwa keempat awak yang sempat ditahan itu adalah warga negara India. Sementara kapal tanker yang terdaftar di Panama membawa 28 personel, terutama warga negara India, Pakistan, dan Ukraina seperti dikutip dari laman RFERL.org, Sabtu (13/7/2019).



Sebelumnya pada hari itu, polisi di wilayah Inggris mengatakan bahwa dua teman kru kapal tanker itu telah ditahan setelah penangkapan kapten dan kepala petugas pada 11 Juli.

Baca juga: Polisi Gibraltar Tangkap Kapten Kapal Tanker Minyak Iran

Marinir Kerajaan Inggris pada 4 Juli menaiki Grace 1 di lepas pantai Gibraltar dan menyitanya karena dicurigai melanggar sanksi dengan membawa minyak ke Suriah.

Baca juga: Inggris Rampas Kapal Minyak Iran, Teheran Marah dan AS Senang

Teheran memperingatkan tindakan balasan jika tanker itu tidak dibebaskan, dengan seorang komandan Garda Revolusi Islam Iran (IRGC) mengancam pada 5 Juli untuk merebut sebuah kapal Inggris sebagai pembalasan.

Baca juga: Iran Ancam Balas Rampas Kapal Tanker Minyak Inggris

Pada 11 Juli, Inggris mengatakan tiga kapal Iran "berusaha menghalangi" kapal tanker minyak Inggris di Selat Hormuz yang strategis, yang menghubungkan Teluk Persia dengan Laut Arab, tetapi mundur ketika berhadapan dengan kapal perang Inggris. Iran membantah berusaha menghentikan kapal tanker Inggris.
(ian)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak