Pernah Digunakan untuk Upaya Pembunuhan Donald Trump, AR-15 Naik Status Jadi Ikonik

Sabtu, 20 Juli 2024 - 20:30 WIB
loading...
Pernah Digunakan untuk...
Popularitas AR-15 makin meningkat karena pernah digunakan untuk upaya membunuh Donald Trump. Foto/Reuters
A A A
WASHINGTON - Politisi konservatif berpose dengan senapan bergaya AR untuk potret kartu Natal. Gereja-gereja di negara bagian yang berwarna merah tua memberikannya melalui undian. Para demonstran dari kedua belah pihak yang berbeda politik mendukung mereka dalam aksi protes.

Sebuah rancangan undang-undang di Kongres yang didukung oleh perwakilan konservatif bahkan ingin menetapkan senapan jenis AR-15 sebagai "Senjata Nasional Amerika Serikat".

Platform senapan AR – yang digunakan dalam beberapa penembakan massal paling terkenal dan mematikan dalam sejarah Amerika dalam dua dekade terakhir – kembali menjadi sorotan karena calon pembunuh menggunakan salah satunya pada hari Sabtu untuk menembak mantan Presiden Donald Trump, dan menyerempetnya di telinga.

Pemasaran yang cerdik dan perpecahan partisan telah membantu mendorong banyak orang Amerika untuk mengadopsi jenis senjata ini, menjadikannya simbol budaya dan politik yang kuat di negara di mana Amandemen Kedua Konstitusi mengabadikan hak untuk memanggul senjata.

“Romantisisme seputar AR-15 berasal dari pemasaran,” kata Carolyn Gallaher, seorang profesor di Universitas Amerika yang penelitiannya sebagian berfokus pada kekerasan milisi dan mengikuti perkembangan senjata jenis AR. "Ini seperti teater."

“Produsen senjata mencoba menjual produknya dan mereka melakukannya dengan cara yang memanfaatkan beberapa hal mendasar, seperti hiper-maskulinitas, gagasan tentang keselamatan dan perlindungan, serta memanfaatkan etos prajurit,” katanya.

Pemasaran industri senjata menjadi inti dari tuntutan hukum yang berhasil diajukan terhadap Remington Arms oleh beberapa orang tua korban pembantaian Sekolah Dasar Sandy Hook tahun 2012, dan merupakan argumen yang digunakan oleh orang tua dari anak-anak yang terbunuh dalam penembakan sekolah di Uvalde, Texas tahun 2022, dalam tuntutan hukum mereka terhadap pembuat senjata Daniel Defense, bersama dengan Meta dan Activision Blizzard. Orang-orang bersenjata dalam kedua penembakan tersebut menggunakan senjata jenis AR-15.

Kami telah menjelaskan bahwa perjanjian ini berlaku untuk kapal-kapal publik di Laut Cina Selatan sehingga Tiongkok memahami dengan baik pandangan kami mengenai penerapan perjanjian pertahanan bersama jika batas tersebut dilanggar.

AR-15 pertama kali dikembangkan pada tahun 1950-an oleh pembuat senjata ArmaLite, yang merupakan asal mula nama "AR". Penjualannya lambat selama beberapa dekade pertama keberadaannya. Pembuat senjata Colt membeli hak produksi AR-15 pada tahun 1959. Sebagian besar paten senjata tersebut telah habis masa berlakunya pada tahun 1970-an, sehingga perusahaan senjata lain dapat membuat versinya.

Dari tahun 1994 hingga 2004, sebagian besar senjata tersebut diblokir untuk dijual karena larangan senjata serbu AS yang berlaku selama 10 tahun. Perjanjian tersebut tidak diperpanjang, dan sebagian besar pembicaraan tentang perjanjian baru datang dari Partai Demokrat liberal.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1055 seconds (0.1#10.140)