Tertangkap Kasus Spionase di Rusia, Jurnalis WSJ Gershkovich Divonis 16 Tahun Penjara

Sabtu, 20 Juli 2024 - 07:48 WIB
loading...
Tertangkap Kasus Spionase...
Jurnalis Wall Street Journal Evan Gershkovich terlihat di dalam sel tahanan untuk terdakwa sebelum sidang pengadilan di Yekaterinburg, Rusia, 26 Juni 2024. Foto/REUTERS/Evgenia Novozhenina
A A A
MOSKOW - Pengadilan Daerah Sverdlovsk menjatuhkan hukuman 16 tahun penjara kepada jurnalis Amerika Serikat (AS) Evan Gershkovich dari surat kabar Wall Street Journal (WSJ) Evan Gershkovich dalam kasus spionase.

Sebelumnya, jaksa penuntut umum negara Rusia meminta hukuman 18 tahun penjara bagi Gershkovich.

"Evan Gershkovich dinyatakan bersalah, dengan hukuman penjara selama 16 tahun dengan menjalani hukumannya di penjara keamanan tinggi," ungkap hakim mengumumkan putusannya.

Pada Rabu (17/7/2024), Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov mengatakan Rusia memiliki bukti yang jelas yang membuktikan keterlibatan Gershkovich dalam kegiatan mata-mata.

Menurut penyidik, pada Maret 2023, Gershkovich, sesuai instruksi Badan Intelijen Pusat (CIA), mengumpulkan informasi rahasia di Wilayah Sverdlovsk Rusia tentang aktivitas perusahaan pertahanan Rusia Uralvagonzavod, yang memproduksi dan memperbaiki peralatan militer.

Dinas Keamanan Federal Rusia menangkap Gershkovich pada Maret 2023 atas dugaan mencoba mengumpulkan informasi pertahanan rahasia untuk Amerika Serikat saat dia bertugas di Yekaterinburg.

The Wall Street Journal membantah tuduhan tersebut dan Washington berpendapat reporter tersebut telah ditahan "secara salah."

(sya)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1026 seconds (0.1#10.140)