Putin: Kim Jong-un Bongkar Nuklir jika Keamanan Korut Dijamin

Sabtu, 29 Juni 2019 - 03:36 WIB
Putin: Kim Jong-un Bongkar Nuklir jika Keamanan Korut Dijamin
Putin: Kim Jong-un Bongkar Nuklir jika Keamanan Korut Dijamin
A A A
OSAKA - Kim Jong-un yang berkuasa di Korea Utara (Korut) akan membongkar program nuklirnya jika ada jaminan keamanan untuk negaranya dan menerima konsesi yang sebenarnya.

Keinginan diktator muda itu diungkap Presiden Rusia Vladimir Putin saat berbicara dengan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in pada pertemuan puncak G-20 di Osaka, Sabtu (29/6/2019). Putin mengetahui keinginan pemimpin Korut tersebut karena keduanya pernah bertemu April lalu.

"Mengutip pertemuan puncak April dengan pemimpin Korea Utara Kim Jong-un, Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan kepada Presiden Moon bahwa pemimpin Korea Utara akan meninggalkan program nuklir rezimnya, tetapi selama (komunitas internasional dan Amerika Serikat) tegas menjamin keamanan rezimnya dan ada konsesi yang sebenarnya untuk denuklirisasi," kata Wakil Juru Bicara Kantor Kepresidenan Cheongwadae Han Jeong-woo.

Putin juga memuji keputusan Seoul baru-baru ini untuk mengirim 50.000 ton beras ke Korea Utara sebagai bantuan kemanusiaan. Pemimpin Kremlin itu menekankan bahwa Rusia berkomitmen guna mendukung upaya-upaya diplomatik melalui dialog untuk perdamaian di Semenanjung Korea.

"Moon meminta Putin untuk mengunjungi Seoul sedini mungkin untuk diskusi menyeluruh dalam berbagai masalah yang saling terkait di berbagai bidang. Sebagai tanggapan, Putin mengatakan dia akan meninjau saran itu, secara aktif dan positif," lanjut wakil juru bicara tersebut yang dikutip Korea Times.

Kedua pemimpin bertemu di kota barat Jepang di sela-sela partisipasi mereka dalam KTT G-20 tahun ini. Presiden Moon menunggu sekitar dua jam untuk pertemuannya dengan presiden Rusia.

Pada bulan April, Putin dan Kim Jong-un bertemu di Vladivostok dan keduanya sepakat untuk menjalin hubungan yang lebih kuat. Saat itu, Presiden Rusia tersebut menawarkan diri untuk membantu memecahkan kebuntuan atas program senjata nuklir Korea Utara.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4405 seconds (0.1#10.140)