Partai Kiri Berkuasa, Miliarder Prancis Ramai-ramai Hengkang

Sabtu, 13 Juli 2024 - 18:05 WIB
loading...
Partai Kiri Berkuasa,...
Miliarder Prancis tinggalkan negara itu karena partai sayap kiri berkuasa. Foto/AP
A A A
PARIS - Banyak penduduk paling kaya di Prancis mungkin mempertimbangkan untuk meninggalkan negara tersebut karena kekhawatiran mengenai ketidakstabilan politik dan prospek pajak yang lebih tinggi sehubungan dengan pemilihan parlemen baru-baru ini.

Itu dilaporkan Bloomberg mengutip para manajer kekayaan. Pemungutan suara baru-baru ini tidak menghasilkan satu partai pun yang memperoleh mayoritas absolut, sehingga menghasilkan parlemen yang menggantung, namun aliansi sayap kiri mengambil kursi terbanyak.

Beberapa penasihat kekayaan mengatakan banyak klien mereka yang panik sudah mulai mentransfer modal ke luar negeri dan mulai mempertimbangkan kemungkinan ekspatriasi. Sebagian besar khawatir bahwa, meskipun kelompok sayap kanan dan sayap kiri tidak memenangkan pemilu secara langsung, usulan kampanye beberapa partai, seperti pajak yang lebih tinggi, akan segera menjadi undang-undang.

“Kami memiliki klien baru seperti para eksekutif puncak yang menanyakan apa yang dapat mereka lakukan untuk melindungi diri mereka sendiri. Setelah Brexit, terjadi gelombang masuk bankir ke Prancis, namun orang-orang berpenghasilan tinggi ini akan pergi karena mereka tidak mau membayar pajak lebih banyak,” kata Xenia Legendre, Managing Partner di firma hukum Hogan Lovells yang berbasis di Paris, dilansir Bloomberg.

Front Populer Baru (NFP) sayap kiri, yang memenangkan kursi terbanyak dalam pemilu, berjanji akan mengenakan pajak atas keuntungan besar perusahaan dan menerapkan kembali pajak kekayaan bagi orang kaya.

Undang-undang semacam itu akan bertentangan dengan kebijakan yang diterapkan oleh Presiden Emmanuel Macron, yang dianggap lebih ramah terhadap orang kaya dan bahkan membuatnya mendapat julukan “presiden orang kaya”.



“Orang-orang yang bisa keluar akan pergi jika kebijakan ekstrem diterapkan. Prancis tidak lagi menarik bagi orang asing, dan orang-orang kaya akan pergi,” prediksi Emmanuel Angelier, kepala perusahaan manajemen kekayaan La Financiere d’Orion.

Menurut Julien Magitteri, penasihat kekayaan swasta di Barnes Family Office by CĂ´me, beberapa orang mulai memindahkan modal keluar dari Prancis bahkan sebelum putaran kedua pemungutan suara, sebagian besar ke negara-negara seperti Swiss dan Luksemburg.

Sebagian besar manajer kekayaan mengatakan bahwa negara-negara seperti Italia, Dubai, Singapura, dan Amerika Serikat juga merupakan salah satu tujuan yang dipertimbangkan oleh banyak negara berpenghasilan tinggi di Prancis.

Prancis adalah rumah bagi beberapa orang terkaya di dunia, termasuk Bernard Arnault, orang terkaya di Eropa dan kepala perusahaan barang mewah LVMH; Francoise Bettencourt Meyers dari kerajaan kecantikan L'Oréal, dianggap sebagai wanita terkaya di dunia; dan Wertheimer bersaudara, yang mengendalikan rumah mode Paris, Chanel.

Menurut jajak pendapat yang dilakukan oleh lembaga Elabe awal pekan ini, tujuh dari sepuluh orang Prancis tidak puas dengan hasil pemilu dan komposisi Majelis Nasional yang baru, dan mengatakan bahwa negara tersebut sekarang “tidak dapat diatur.”

(ahm)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1556 seconds (0.1#10.140)