alexametrics

Sanksi Khamenei, Iran: AS Telah Tutup Pintu Diplomasi

loading...
Sanksi Khamenei, Iran: AS Telah Tutup Pintu Diplomasi
Kemarin, AS mengumumkan sanksi tambahan terhadap para pejabat Iran, termasuk Khamenei, di tengah meningkatnya ketegangan antara Washington dan Teheran. Foto/Reuters
A+ A-
TEHERAN - Juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran, Abbas Mousavi menyatakan, Amerika Serikat (AS) telah sepenuhnya menutup pintu diplomasi. Pernyataan ini adalah buntut dari jatuhnya sanksi AS kepada pemimpin spiritual tertinggi Iran, Ayatollah Ali Khamenei.

Kemarin, AS mengumumkan sanksi tambahan terhadap para pejabat Iran, termasuk Pemimpin Tertinggi Ayatollah Ali Khamenei, di tengah meningkatnya ketegangan antara Washington dan Teheran. Washington juga akan menjatuhkan sanksi kepada Menteri Luar Negeri Iran, Mohammad Javad Zarif akhir pekan ini.

"Memberlakukan sanksi yang tidak berguna pada Ayatollah Ali Khamenei dan Menteri Luar Negeri Mohammad Javad Zarif adalah penutupan permanen jalur diplomasi," kata Mousavi, seperti dilansir Sputnik pada Selasa (25/6).



Sementara itu, sebelumnya Zarif menuturkan bahwa keputusan AS menjatuhkan sanksi kepada Khamenei adalah bukti Washington tidak pernah tertarik mengambil jalur diplomasi dan cenderung memilih jalur militer.

"Donald Trump 100% benar bahwa militer AS tidak memiliki bisnis di Teluk Persia. Penarikan pasukan AS sepenuhnya sejalan dengan kepentingan AS dan dunia. Tapi, sekarang jelas bahwa Tim B tidak peduli dengan kepentingan AS, mereka membenci diplomasi, dan haus akan perang," ucap Zarif.

Tim B merujuk pada kelompok yang terdiri dari penasihat keamanan nasional AS John Bolton, Pangeran Mahkota Arab Saudi Mohammad bin Salman, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu dan Pangeran Mahkota Abu Dhabi Mohammed bin Zayed.
(esn)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak