Protes Rencana Perdamaian Trump, Umat Islam Yordania Turun ke Jalan

Jum'at, 21 Juni 2019 - 23:34 WIB
Protes Rencana Perdamaian Trump, Umat Islam Yordania Turun ke Jalan
Protes Rencana Perdamaian Trump, Umat Islam Yordania Turun ke Jalan
A A A
AMMAN - Ratusan umat Islam Yordania turun ke jalan Ibu Kota Amman untuk mengecam rencana perdamaian Washington guna mengakhiri konflik Palestina-Israel. Mereka juga menuntut pemerintah Yordania memboikot konferensi di Bahrain yang dilakukan pada minggu depan.

Sambil memegang bendera Yordania, para demonstran meneriakkan slogan-slogan protes terhadap Amerika Serikat (AS). Di antara para demonstran adalah para pemimpin gerakan Islam arus utama yang mengorganisir jalannya aksi.

Bergerak dari masjid Husseini di pusat kota Amman setelah salat Jumat, para pengunjuk berteriak: "Wahai Trump, wahai Trump, menjauhlah dari kami. Yordania tetap tegar dan kami tidak akan pernah berlutut," seperti dilansir dari Reuters, Jumat (21/6/2019).

Rencana perdamaian "Kesepakatan Abad Ini" yang dijanjikan Presiden AS Donald Trump telah menyentuh saraf politik di Yordania, tempat jutaan warga asal pengungsi Palestina tinggal bersama warga asli Yordania.

Sementara detail dari rencana perdamaian rahasia masih samar, pendekatan Trump telah membangkitkan ketakutan lama dari setiap upaya untuk menyelesaikan konflik dengan cara sesuai keinginan Israel tetapi melupakan hak-hak Palestina dengan mengorbankan Yordania.

Para pemrotes juga meneriakkan slogan-slogan menentang partisipasi Yordania dalam konferensi yang disponsori AS di kerajaan Teluk, Bahrain, Selasa depan. Konferensi itu oleh Washington dianggap sebagai pendahuluan ekonomi atas prakarsa perdamaiannya yang telah lama tertunda.

"Tidak untuk normalisasi dengan Israel ... turun, turun dengan konferensi Bahrain," teriak pemrotes yang marah yang mencampurkan nyanyian pro-Islam dan retorika anti-Barat.

Beberapa demonstran membawa poster bertuliskan "Turun dengan Konferensi Bahrain" ketika ratusan polisi berdiri dan menutup jalan utama di jantung pusat kota ibukota.

Meskipun Yordania akan bergabung dengan konferensi untuk menggelar bagian ekonomi dari rencana Trump, negara itu akan memberikan pesan di sana bahwa tidak ada tawaran tunai dapat menggantikan solusi politik guna mengakhiri pendudukan Israel di Tepi Barat, kata para pejabat.

“Kami datang untuk mengatakan dengan satu suara bahwa sebagai warga Yordania kami menolak konferensi Bahrain. Ini memalukan bagi mereka yang berpartisipasi,” kata Murad al Adaylah, kepala Front Aksi Islam (IAF), sayap politik Ikhwanul Muslimin, kelompok oposisi terbesar di negara itu.

Sementara pihak kerajaan memiliki perjanjian damai dengan Israel dan mempertahankan ikatan keamanan yang kuat, banyak warga Yordania membenci Israel dan mengidentifikasi dengan aspirasi untuk negara Palestina.

Namun beberapa pengusaha dan pejabat secara pribadi mengatakan Yordania yang kesulitan ekonomi dapat mengambil untung dari rencana perdamaian Timur Tengah yang menjanjikan miliaran bantuan dan pembiayaan proyek.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4111 seconds (0.1#10.140)