Cekik Leher Demonstran Perempuan, Menteri Muda Inggris Diskors

Jum'at, 21 Juni 2019 - 22:58 WIB
Cekik Leher Demonstran Perempuan, Menteri Muda Inggris Diskors
Cekik Leher Demonstran Perempuan, Menteri Muda Inggris Diskors
A A A
LONDON - Seorang menteri muda Kementerian Luar Negeri Inggris dibekukan statusnya sambil menunggu hasil penyelidikan setelah melakukan tindak kekerasan. Ia kedapatan mencekik bagian belakang leher seorang demonstran perempuan dan mendorongnya ketika menyela pidato Menteri Keuangan Inggris dengan aksi protes perubahan iklim.

Sejumlah demonstran perempuan mencegah Menteri Keuangan Inggris, Philip Hammond, untuk berpidato selama beberapa menit dengan menggunakan pengeras suara untuk meneriakkan slogan-slogan selama jamuan tahunan di gedung Mansion House di London, Kamis malam.

Dalam sebuah potongan video yang beredar di dunia maya oleh stasiun ITV terlihat menteri muda Kementerian Luar Negeri Mark Field bergumul dengan salah satu demonstran perempuan dan memegang bagian belakang lehernya saat dia menggiringnya keluar dari ruangan.

Field kemudian meminta maaf tetapi juru bicara Perdana Menteri Theresa May mengatakan pada hari Jumat Field telah dibekukan dari tanggung jawabnya sementara penyelidikan atas kejadian itu dilakukan.

"Perdana menteri telah melihat rekaman itu dan dia merasa sangat prihatin," tambahnya seperti dilansir dari Reuters, Jumat (21/6/2019).

Kepada ITV, Field mengatakan ia melakukan hal itu karena merasa khawatir dengan keamanan.

"Dalam situasi saat itu, saya merasa perlu bertindak tegas untuk menghentikan ancaman terhadap keselamatan mereka yang hadir," katanya dalam sebuah pernyataan.

Kantornya tidak menanggapi permintaan komentar dari Reuters.

Juru bicara Partai Buruh, kelompok oposisi untuk wanita dan persamaan hak, Dawn Butler mengatakan Field harus segera diberhentikan atau dipecat. "Ini mengerikan," tulisnya di Twitter.

Kelompok kampanye lingkungan Greenpeace mengatakan telah mengorganisir protes di jantung distrik perbankan ibukota. Mereka menuduh industri keuangan mendanai perubahan iklim dan kementerian keuangan berusaha untuk mempermudah tindakan pemerintah untuk mengurangi itu.

Organisasi itu mengkritik respons Field terhadap demonstran.

"Saya tidak melihat adanya pembenaran atas jenis perilaku kekerasan yang kami lihat darinya tadi malam. Ini keadaan yang sangat mengejutkan dan memprihatinkan,” kata Rebecca Newsom, Kepala Politik di Greenpeace Inggris.

Sementara pihak City of London Corporation akan meninjau kembali prosedur keamanannya setelah insiden Kamis malam itu.

"Kami sedang menyelidiki pelanggaran keamanan semalam di Mansion House dan akan meninjau pengaturan untuk acara mendatang," kata seorang juru bicara.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4727 seconds (0.1#10.140)