Jumlah Anggota Parlemen Muslim di Inggris Meningkat Tajam

Rabu, 10 Juli 2024 - 17:25 WIB
loading...
A A A
Selama menjadi pemimpin oposisi, Starmer menghadapi kritik keras karena tidak menyerukan gencatan senjata, bahkan menentang resolusi Parlemen, sebelum akhirnya menyerah pada tekanan publik pada bulan Februari.

Salah satu insiden yang memicu reaksi keras adalah wawancara yang diberikan Starmer pada Oktober lalu, di mana dia mengatakan Israel “memiliki hak” untuk memutus aliran air dan listrik ke Gaza.

Dia juga menghadapi tuduhan menolak tiket bagi anggota Partai Buruh yang pro-Palestina, termasuk mantan ketua partai Jeremy Corbyn, yang termasuk di antara setidaknya lima tokoh independen pro-Palestina yang memenangkan kursi dalam pemilu.

Partai Buruh juga merasakan dampaknya di beberapa kubu kuat mereka, seperti Leicester Selatan, di mana menteri bayangan Jonathan Ashworth dikalahkan oleh Shockat Adam yang independen.

Partai ini mengalami penurunan perolehan suara secara drastis di daerah pemilihan dengan populasi Muslim yang besar – penurunan rata-rata sebesar 11 poin di daerah dimana lebih dari 10% populasinya adalah Muslim.

Partai Buruh kehilangan lima kursi, empat kursi dari kandidat independen dan satu kursi dari Partai Konservatif.

Secara keseluruhan, jumlah pemilih yang berpartisipasi dalam pemilihan umum tanggal 4 Juli adalah sekitar 60%, salah satu yang terendah sejak tahun 1885. Satu-satunya jumlah pemilih yang lebih rendah dalam beberapa waktu terakhir adalah sekitar 59% pada tahun 2001, ketika Tony Blair mendapatkan masa jabatan kedua sebagai perdana menteri.

Fiona, seorang warga London, mengatakan sangat jelas bahwa “Partai Buruh tidak berbuat cukup banyak untuk masyarakat di Gaza.”

“Saya pikir ini sangat jelas terlihat dari fakta bahwa mereka kalah dari kandidat independen yang pro-Palestina,” katanya kepada Anadolu.

Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0689 seconds (0.1#10.140)