RI Sampaikan Duka Cita atas Wafatnya Morsi

Rabu, 19 Juni 2019 - 17:21 WIB
RI Sampaikan Duka Cita atas Wafatnya Morsi
RI Sampaikan Duka Cita atas Wafatnya Morsi
A A A
JAKARTA - Pemerintah Indonesia, melalui Kementerian Luar Negeri menyampaikan ucapan duka cita atas wafatnya mantan Presiden Mesir, Mohamed Morsi. Morsi menghembuskan nafas terakhirnya saat mengikuti sidang di pengadilan Mesir.

"Kita tentunya menyampaikan duka cita yang mendalam kepada keluarga dan juga masyarakat Mesir, semoga beliau mendapatkan tempat terbaik di sisi Allah SWT," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Indonesia, Arrmanantha Nassir pada Rabu (19/6).

Sementara itu, sebelumnya Dewan HAM PBB menyerukan untuk digelarnya penyelidikan independen atas kematian Morsi. Juru bicara Komisaris Tinggi HAM PBB, Rupert Colville menuturkan, setiap adanya kematian mendadak seorang tahanan, harus diselidiki dengan seksama, untuk mengetahui penyebab kematiannya.

"Setiap kematian mendadak dalam tahanan harus diikuti oleh penyelidikan yang cepat, tidak memihak, menyeluruh, dan transparan yang dilakukan oleh badan independen untuk mengklarifikasi penyebab kematian," kata Colville,

Morsi, anggota terkemuka Ikhwanul Muslimin, memenangkan pemilihan presiden secara demokratis pertama Mesir pada 2012. Namun, setelah hanya satu tahun menjabat, ia digulingkan dan dipenjara dalam kudeta militer berdarah yang dipimpin oleh Menteri Pertahanan saat itu dan saat ini menjadi Presiden, Abdel Fattah el-Sisi.

Pada saat kematiannya, Morsi menghadapi sejumlah tuntutan hukum, yang menurutnya, bersama sejumlah kelompok HAM dan pengamat independen, bermotivasi politis.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4745 seconds (0.1#10.140)