MA Venezuela Jerat 15 Wakil Oposisi dengan Dakwaan Pemberontakan

Kamis, 30 Mei 2019 - 11:21 WIB
MA Venezuela Jerat 15 Wakil Oposisi dengan Dakwaan Pemberontakan
MA Venezuela Jerat 15 Wakil Oposisi dengan Dakwaan Pemberontakan
A A A
CARACAS - Mahkamah Agung (MA) Venezuela mendakwa 15 anggota parlemen dari kelompok oposisi dengan keterlibatan dalam pemberontakan yang gagal pada bulan lalu terhadap Presiden Nicolas Maduro.

Pengadilan tinggi negara itu, yang terdiri dari loyalis rezim Maduro, mendakwa wakil oposisi Rafael Guzman secara terang-terangan melakukan kejahatan mengkhianati tanah air, konspirasi, memicu pemberontakan (dan) pemberontakan sipil seperti dikutip dari AFP, Kamis (30/5/2019).

Dakwaan itu terkait dengan pemberontakan yang dipimpin oleh pemimpin oposisi dan ketua Majelis Nasional Juan Guaido - yang belum didakwa oleh Mahkamah Agung - pada 30 April dalam upaya untuk meningkatkan tekanan pada Maduro agar mundur dan memungkinkan pemilihan presiden baru.

Tetapi Guaido - yang diakui oleh lebih dari 50 negara sebagai presiden sementara Venezuela - hanya diikuti oleh sekitar 30 anggota angkatan bersenjata dan pemberontakan dengan cepat gagal, meskipun hal itu memicu dua hari bentrokan mematikan antara pengunjuk rasa dan pasukan keamanan.

Pemerintah Maduro menanggapi dengan menindak para wakil oposisi, dengan Majelis Konstituante yang didominasi rezim melucuti kekebalan parlemen selusin legislator.

Dari mereka yang dituduh terlibat dalam pemberontakan, wakil oposisi Guaido Edgar Zambrano telah ditangkap sementara yang lain melarikan diri dari negara itu, mencari perlindungan dalam misi diplomatik atau bersembunyi.

Guaido menuduh pemerintah berusaha memberangus oposisi yang mengendalikan Majelis Nasional. Namun Majelis Nasional tidak berdaya sejak Mahkamah Agung mencabut kekuasaannya pada tahun 2017.

Keputusan terbaru datang ketika delegasi pemerintah dan oposisi mengadakan pembicaraan damai di Norwegia dalam upaya untuk meringankan krisis politik dan ekonomi Venezuela.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3276 seconds (0.1#10.140)