Deretan Tanggal Penting Jelang Pemilu Presiden AS

Selasa, 02 Juli 2024 - 13:50 WIB
loading...
Deretan Tanggal Penting Jelang Pemilu Presiden AS
Pemilu presiden AS akan berlangsung panas dan meriah. Foto/AP
A A A
WASHINGTON - Presiden Joe Biden, calon presiden dari Partai Demokrat, dan mantan Presiden Donald Trump dari Partai Republik akan saling berhadapan dalam pemilihan presiden 2024. Itu akan menjadi persaingan yang memecah belah dan berlangsung sengit.

Deretan Tanggal Penting Jelang Pemilu Presiden AS

11 Juli 2024

Trump, orang pertama atau mantan presiden AS yang dihukum karena kejahatan, akan dijatuhi hukuman dalam kasus uang tutup mulut di Manhattan, di mana ia dinyatakan bersalah memalsukan dokumen untuk menutupi pembayaran untuk membungkam seorang bintang porno. Dia membantah melakukan kesalahan dan berencana mengajukan banding.

15-18 Juli 2024

Konvensi Nasional Partai Republik di Milwaukee, Wisconsin, tempat partai secara resmi memilih kandidatnya.

Pada akhir bulan Juli atau setelahnya: Wakil Presiden Kamala Harris telah setuju untuk berdebat tentang calon wakil presiden Trump yang belum diumumkan di CBS pada salah satu tanggal yang diusulkan yaitu 23 Juli atau 13 Agustus. Trump telah menerima debat wakil presiden untuk dilakukan diselenggarakan oleh Fox News.

Fox menulis surat kepada kedua tim kampanye yang menyarankan tanggal 23 Juli, 13 Agustus atau tanggal lain setelah konvensi partai. Tim kampanye Trump belum mengatakan apakah pasangannya akan berdebat dengan Harris di CBS. Tim kampanye Biden juga tidak mengatakan apakah Harris akan berdebat tentang Fox.

7 Agustus 2024

Partai Demokrat akan mengadakan "panggilan virtual" untuk mencalonkan Biden. Ini akan dilaksanakan pada tanggal 7 Agustus, batas waktu sertifikasi surat suara yang asli di Ohio, meskipun tanggal tersebut telah diundur.

Biden sedianya akan dicalonkan secara resmi pada Konvensi Nasional Partai Demokrat pada bulan Agustus nanti.

19-22 Agustus 2024

Konvensi Nasional Partai Demokrat di Chicago.

10 September 2024

Debat kedua antara Biden dan Trump akan dipandu oleh ABC.


5 November 2024

Hari Pemilihan

Nanti di bulan November: Diperlukan waktu berhari-hari untuk mengetahui hasil pemilu, terutama jika jaraknya dekat dan surat suara yang masuk merupakan salah satu faktor penyebabnya.

6 Januari 2025

Wakil presiden memimpin penghitungan suara Electoral College pada sesi gabungan Kongres, mengumumkan hasilnya dan mengumumkan siapa yang terpilih.

Menjelang penghitungan suara pada 6 Januari 2021, Presiden Trump mengecam wakil presidennya, Mike Pence, karena menolak mencegah Kongres mengesahkan kemenangan Biden. Pada hari itu, US Capitol diserang oleh perusuh, dan beberapa orang meneriakkan, "gantung Mike Pence" ketika mereka mencoba menghentikan penghitungan. Kedua majelis di Kongres kemudian melanjutkan pekerjaan mereka dan mengesahkan kemenangan Biden.

(ahm)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1939 seconds (0.1#10.140)
pixels