Pompeo Muak dengan Dukungan untuk Nicolas Maduro

Kamis, 09 Mei 2019 - 02:27 WIB
Pompeo Muak dengan Dukungan untuk Nicolas Maduro
Pompeo Muak dengan Dukungan untuk Nicolas Maduro
A A A
LONDON - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Mike Pompeo mengaku merasa jijik melihat politisi di Inggris dan di Amerika Serikat (AS) terus mendukung Presiden Venezuela Nicolas Maduro.

"Sangat menjijikkan melihat para pemimpin tidak hanya di Inggris tetapi juga di Amerika Serikat yang terus mendukung diktator Maduro," kata Pompeo seperti dikutip dari Politico.eu, Kamis (9/5/2019).

Hal itu diungkapkannya saat ditanya tentang dukungan oleh pemimpin oposisi Partai Buruh Inggris, Jeremy Corbyn, untuk Pemerintah Venezuela.

"Bukanlah salah satu dari kepentingan terbaik negara kita bagi para pemimpin itu untuk terus melakukan advokasi atas nama mereka," imbuhnya.

Pompeo mengatakan rakyat Venezuela telah berbicara melalui mekanisme konstitusionalnya untuk menggantikan Maduro sebagai pemimpin.

“Mereka telah menempatkan Juan Guaido sebagai presiden sementara mereka. Dia adalah pemimpin yang terpilih di sana. Maduro sedang menunda-nunda waktu,” ujar Pompeo.

"Melihat para pemimpin Amerika, atau para pemimpin dari negara ini, terus memberikan dukungan dan kenyamanan kepada rezim yang telah menciptakan begitu banyak kerusakan, begitu banyak kehancuran ... tidak ada pemimpin di negara dengan nilai-nilai demokrasi Barat harus berdiri di belakang mereka," tukasnya.

Amerika Serikat (AS) dan Inggris adalah negara yang mengakui tokoh oposisi Juan Guaido sebagai presiden sementara Venezuela. Keduanya menolak mengakui Nicolas Maduro sebagai presiden negara yang kaya minyak itu.

Beberapa waktu lalu, Pompeo mengatakan mengatakan AS terbuka untuk melakukan aksi militer guna mengatasi krisis Venezuela. Meski mengumbar retorika perang, diplomat top Amerika itu menegaskan bahwa opsi damai lebih disukai.

“Jika pertanyaannya adalah, apakah Amerika Serikat siap untuk mempertimbangkan aksi militer jika itu yang diperlukan untuk memulihkan demokrasi di Venezuela, presiden (AS) konsisten dan tidak ambigu mengenai hal itu, bahwa opsi untuk menggunakan kekuatan militer tersedia jika itulah yang akhirnya diminta," kata Pompeo.

Baca Juga: Atasi Krisis Venezuela, AS Siap Lakukan Aksi Militer
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4056 seconds (0.1#10.140)