Kapal Perang Pemandu Armada Ke-7 AS Sambangi Jakarta

Rabu, 01 Mei 2019 - 16:14 WIB
Kapal Perang Pemandu Armada Ke-7 AS Sambangi Jakarta
Kapal Perang Pemandu Armada Ke-7 AS Sambangi Jakarta
A A A
JAKARTA - USS Blue Ridge, kapal perang pemandu di Armada ke-7 Angkatan Laut (AL) Amerika Serikat (AS) melakukan kunjungan ke Jakarta. Kapal perang yang berusia hampir lima dekade tersebut merapat di pelabuhan Tanjung Priok.

Kedatangan USS Blue Ridge ini sendiri adalah bagian dari peringatan 70 tahun hubungan AS dan Indonesia. Panglima Armada ke-7 AL AS, Laksaman Madya Pihilip G. Sawyer menuturkan, pihaknya datang ke Jakarta juga untuk melakukan petemuan dengan TNI AL.

"Para pelaut kami tidak sabar untuk berkeliling kota yang luar biasa ini dan saya menanti pertemuan dengan rekan saya dari TNI AL. Hubungan kuat kami dengan TNI AL didasari nilai-nilai demokratis dan kepentingan bersama sebagai negara maritim," kata Sawyer pada Rabu (1/5).Sementara itu, komandan USS Blue Ridge, Kapten Eric Anduze mengatakan kunjungan semacam ini dimaksudkan untuk memperkuat kerjasama militer kedua negara.

"Kunjungan ini memungkinkan kita untuk melanjutkan upaya untuk memperkuat hubungan dan berbagi kepentingan yang sama yang kami miliki sebagai individu dan profesional," ungkap Anduze.

Anduze menambahkan, mayoritas awak kapalnya baru pertama kali menginjakan kaki di Jakarta. "Kru kami akan melakukan interaksi dengan orang-orang Indonesia. Untuk sebagian besar, ini adalah kali pertama mereka menyambangi Jakarta, jadi semua orang sangat menantikan ini," ungkapnya.

USS Blue Ridge sendiri adalah kapal pemandu semua kapal yang tergabung dalam Armanada ke-7 AL AS yang beroperasi di perairan Asia. Kapal ini memiliki panjang sekitar 200 meter dan membawa sekitar dua awak di dalamnya.

Karena kapal ini adalah kapal pemandu, kapal ini tidak dilengkapi dengan senjata ofensif, melainkan hanya dilengkapi dengan beberapa senjata defensif. Dengan usia 48 tahun, USS Blue Ridge sendiri adalah kapal tertua yang masih beroperasi hingga saat ini.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4827 seconds (0.1#10.140)