7 Motif Putin Berkunjung ke Vietnam, dari Diplomasi Bambu hingga Kemitraan Strategis

Kamis, 20 Juni 2024 - 18:18 WIB
loading...
A A A
Isu-isu regional dan global juga akan menjadi agenda, kantor berita Rusia TASS melaporkan. Setelah pertemuan tersebut, pernyataan bersama akan diadopsi dan sejumlah dokumen bilateral akan ditandatangani, tambahnya.

4. Memiliki Akar Sejarah yang Sama

7 Motif Putin Berkunjung ke Vietnam, dari Diplomasi Bambu hingga Kemitraan Strategis

Foto/AP

Hubungan antara kedua negara dimulai sejak Uni Soviet, yang merupakan pemasok senjata terbesar ke Hanoi – posisi yang masih dipegang oleh Rusia hingga saat ini.

Dukungan militer Uni Soviet sangat penting bagi Partai Komunis Vietnam selama peristiwa-peristiwa bersejarah yang penting, termasuk Perang Indochina Pertama dan Kedua melawan Perancis dan Amerika Serikat.

“Mereka pernah berada di sisi sejarah yang sama, mereka memiliki ideologi yang sama melawan kapitalisme dan imperialisme Barat. Dan warisan ideologi bersama masih ada,” kata Huong Le Thu, wakil direktur program International Crisis Group untuk Asia.

Uni Soviet pernah menjadi tuan rumah bagi puluhan ribu mahasiswa Vietnam selama Perang Dingin, termasuk ketua Partai Komunis saat ini, Nguyen Phu Trong.

Arsitektur Hanoi juga memiliki sentuhan Soviet, seperti museum bapak pendiri Vietnam modern, Ho Chi Minh, dan Istana Budaya Persahabatan Vietnam-Soviet yang megah, yang dibangun pada akhir tahun 1970-an.


5. Vietnam Mengambil Posisi yang Hati-hati

7 Motif Putin Berkunjung ke Vietnam, dari Diplomasi Bambu hingga Kemitraan Strategis

Foto/AP

Sejak dimulainya perang pada tahun 2022, Vietnam secara resmi mengambil sikap netral.

“Vietnam telah berusaha untuk menciptakan keseimbangan yang hati-hati dalam perang di Ukraina dengan tidak mengganggu hubungan dengan Rusia sebagai mitra tradisionalnya dan juga memberikan isyarat bahwa Vietnam menganggap serius prinsip-prinsip seperti integritas teritorial,” kata Parameswaran.

Sebagai korban dari kekuatan pendudukan atau invasi yang besar – Amerika Serikat, Perancis, Jepang dan Tiongkok – selama 80 tahun terakhir, Vietnam menganggap kedaulatan dan integritas wilayah suatu negara tidak dapat diganggu gugat sebagai sebuah prinsip suci.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0792 seconds (0.1#10.140)