Kemlu: Pelaku Serangan Bom Sri Lanka Bukan WNI

Selasa, 23 April 2019 - 18:50 WIB
Kemlu: Pelaku Serangan Bom Sri Lanka Bukan WNI
Kemlu: Pelaku Serangan Bom Sri Lanka Bukan WNI
A A A
JAKARTA - Kementerian Luar Negeri Indonesia menyatakan bahwa pelaku serangan bom di Sri Lanka bukanlah warga negara Indonesia. Dugaan pelaku adalah WNI muncul ketika polisi Sri Lanka merilis nama salah seorang bomber, yakni Insan Setiawan, yang namanya memang terkesan berasal dari Indonesia.

Direktur Perlindungan Warga Negara dan Badan Hukum Indonesia (PWNI-BHI) Kementerian Luar Negeri Indonesia, Lalu Muhammad Iqbal menuturkan, Kedutaan Besar Indonesia (KBRI) di Sri Lanka telah memeriksa informasi ini dan diketahui pelaku ada warga negara Sri Lanka.

"KBRI telah melakukan komunikasi langsung dengan otoritas keamanan Srilanka dan memperoleh informasi bahwa nama yang benar adalah Insan Seelawan, warga negara Srilanka," ucap Iqbal pada Selasa (23/4).

Sementara itu, terkait dengan serangan bom, sebelumnya Organisasi Polisi Kriminalitas Internasional atau Interpol mengirimkan tim penyelidik ke Sri Lanka untuk membantu pemerintah setempat menyelidiki serangan itu.

Interpol mengatakan, pihaknya mengerahkan Tim Tanggap Insiden (IRT) atas permintaan otoritas Sri Lanka, termasuk spesialis dengan keahlian dalam pemeriksaan tempat kejadian perkara (TKP), bahan peledak, kontra-teror dan identifikasi korban.

Otoritas keamanan Sri Lanka pada hari Senin mengatakan pihaknya meyakini kelompok ekstremis Islam lokal bernama National Thowheeth Jama'ath (NTJ) berada di balik serangan mengerikan itu. Otoritas tersebut juga akan melihat apakah kelompok NTJ mendapat dukungan jaringan teroris internasional atau tidak.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4603 seconds (0.1#10.140)