Bagaimana Arab Saudi Jadikan Haji 2024 Lebih Ramah Lingkungan?

Minggu, 16 Juni 2024 - 19:05 WIB
loading...
Bagaimana Arab Saudi Jadikan Haji 2024 Lebih Ramah Lingkungan?
Arab Saudi menjadikan haji 2024 lebih ramah lingkungan. Foto/AP
A A A
MAKKAH - Haji menarik sekitar 2 juta orang setiap tahunnya. Namun, peristiwa besar ini memberikan tekanan yang signifikan terhadap lingkungan melalui limbah, konsumsi air dan energi, serta emisi karbon.

Oleh karena itu, langkah-langkah diambil untuk mendorong jamaah haji meminimalkan limbah, menggunakan sumber daya secara bijaksana, dan mengurangi jejak karbon secara keseluruhan sambil memenuhi kewajiban haji mereka.

Berbagai badan pemerintah berkolaborasi untuk mengelola limbah padat, mendorong perilaku sadar lingkungan, dan mengurangi dampak buruk sampah terhadap lingkungan.

Bagaimana Arab Saudi Jadikan Haji 2024 Lebih Ramah Lingkungan?

1. Pengelolaan Sampah yang Terpadu

Bagaimana Arab Saudi Jadikan Haji 2024 Lebih Ramah Lingkungan?

Foto/AP

Dalam pernyataan yang diposting di X, Pusat Pengelolaan Sampah Nasional mengatakan: “Dengan upaya terpadu untuk menjaga lingkungan tempat paling suci di bumi, tim inspeksi MWAN melakukan putaran untuk memastikan pengelolaan sampah yang aman, memfasilitasi pelaksanaan ritual haji dengan mudah dan ketenangan pikiran.”

Timnya memeriksa 49 fasilitas operasional di sektor pengelolaan limbah di Makkah dan Madinah pada bulan Mei untuk memastikan kepatuhan mereka terhadap peraturan pengelolaan limbah.

MWAN mengatakan bahwa mereka bertujuan untuk meluncurkan beberapa inisiatif untuk melayani jamaah haji, mengoptimalkan penggunaan sumber daya alam, dan mempromosikan kesehatan masyarakat dan kelestarian lingkungan.

2. Menjaga Kualitas Udara

Bagaimana Arab Saudi Jadikan Haji 2024 Lebih Ramah Lingkungan?

Foto/AP

Pusat Kepatuhan Lingkungan Nasional memainkan peran penting dalam mengumpulkan data dan memantau kualitas udara sebelum, selama, dan setelah musim haji.

“Angka-angka ini dikirim langsung ke stasiun pemantauan pusat, di mana para ahli nasional menganalisisnya dan mengeluarkan laporan harian yang diberikan kepada Komite Haji,” Saad Al-Matrafi, juru bicara pusat tersebut, mengatakan kepada Arab News.

“Respon cepat dari komite lapangan dan keputusan yang tepat diambil setelah mengamati penyimpangan yang signifikan untuk menjamin keselamatan para jamaah.”

Pusat ini juga melakukan inspeksi terhadap lokasi dan fasilitas untuk memastikan kepatuhan terhadap peraturan dan standar lingkungan.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2963 seconds (0.1#10.140)
pixels