Iran dan Swedia Tukar Tahanan yang Dimediasi Oman

Minggu, 16 Juni 2024 - 08:37 WIB
loading...
A A A
Media pemerintah di Oman—negara netral, yang telah bertindak sebagai mediator antara Iran dan pemerintah Barat di masa lalu—melaporkan bahwa setelah mediasi tersebut, kedua pemerintah telah sepakat untuk saling membebaskan warga negara yang ditahan.

“Mereka yang dibebaskan dipindahkan dari Teheran dan Stockholm ke Muscat hari ini, 15 Juni 2024, untuk dipulangkan,” tulis Oman News Agency.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran Nasser Kanani berterima kasih kepada pemerintah Oman yang menjadi perantara pertukaran tersebut.

Dia memuji pertukaran ini sebagai kemenangan diplomasi Iran dalam mewujudkan dan mengamankan kepentingan nasional serta secara tegas mendukung hak-hak rakyat Iran.

Hubungan yang Tegang


Noury ditangkap di bandara Stockholm pada November 2019 dan dijatuhi hukuman penjara seumur hidup pada Juli 2022 karena perannya dalam pembunuhan massal di penjara Iran pada tahun 1988.

Dia berterima kasih kepada para pejabat dan rakyat Iran atas pembebasannya.

Dia mencela mantan pemberontak Mujahidin Rakyat Iran (MEK) yang disebut “pengkhianat penjual negara”, yang aktivisnya berperan penting dalam penuntutan dan hukumannya di Swedia.

Setidaknya 5.000 tahanan dibunuh di penjara-penjara Iran pada tahun 1988 untuk membalas serangan yang dilakukan oleh MEK pada tahap akhir perang Iran-Irak, ketika mereka berperang bersama pasukan diktator Irak Saddam Hussein.

MEK, yang masih dilarang sebagai organisasi “teroris” di Iran, mengutuk keputusan Swedia untuk membebaskan Noury sebagai “keputusan memalukan dan tidak dapat dibenarkan”.

Dikatakan MEK bahwa pertukaran itu akan memberi semangat Iran untuk meningkatkan terorisme, penyanderaan dan pemerasan.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0907 seconds (0.1#10.140)