Eks PM Ehud Barak Anggap Kemenangan Mutlak Israel Slogan Kosong: Ini Perang Paling Gagal dalam Sejarah!

Minggu, 16 Juni 2024 - 07:24 WIB
loading...
Eks PM Ehud Barak Anggap Kemenangan Mutlak Israel Slogan Kosong: Ini Perang Paling Gagal dalam Sejarah!
Mantan Perdana Menteri Israel Ehud Barak menggambarkan kemenangan mutlak negaranya dalam perang melawan Hamas di Jalur Gaza sebagai slogan kosong. Foto/REUTERS
A A A
TEL AVIV - Mantan Perdana Menteri (PM) Israel Ehud Barak menggambarkan “kemenangan mutlak” negaranya dalam perang melawan Hamas di Jalur Gaza sebagai slogan kosong.

Dia kembali mengecam PM Benjamin Netanyahu sebagai pemimpin gagal yang membawa negara Yahudi itu ke dalam jurang kehancuran.

“Israel berada pada puncak krisis yang berkembang dan masih jauh dari selesai. Ini adalah krisis paling serius dan berbahaya dalam sejarah negara ini. Ini dimulai pada tanggal 7 Oktober dengan kegagalan terburuk dalam sejarah Israel,” tulis Barak dalam sebuah artikel yang diterbitkan oleh surat kabar Haaretz, Sabtu (15/6/2024).

“Krisis saat ini dilanjutkan dengan perang yang, meskipun terdapat keberanian dan pengorbanan para prajurit dan perwira, tampaknya merupakan perang yang paling tidak berhasil dalam sejarahnya, karena kelumpuhan kepemimpinan strategis di negara ini,” ujarnya.



“Kita sekarang menghadapi keputusan-keputusan sulit antara alternatif-alternatif buruk dalam melanjutkan pertempuran di Jalur Gaza, memperluas operasi melawan Hizbullah di utara dan mempertaruhkan perang multifront yang akan melibatkan Iran dan proksinya. Dan semua ini terjadi sementara kudeta yudisial terus berlanjut, dengan tujuan membangun kediktatoran agama yang rasis, ultranasionalis, mesianis, dan keji,” paparnya.

Barak melanjutkan, “Krisis ini mengharuskan kita untuk memobilisasi segala sesuatu yang kuat, baik dan efektif dalam diri kita untuk kembali ke jalur pertumbuhan, pemberdayaan, pencerahan dan harapan yang telah dijalani Israel sepanjang sejarahnya. Itu akan menjadi kemenangan nyata.”

“Pada saat ini, kami tidak boleh melakukan kesalahan lagi. Kita perlu melihat secara langsung dan berani apa yang terjadi pada kita dan alasannya, dan kemudian kita perlu tekad untuk memperbaikinya dengan cepat, meskipun akan ada pertentangan yang akan timbul jika tindakan tersebut dilakukan. Hal ini membutuhkan ketegasan, keberanian dan tindakan—dari anggota oposisi, dari anggota koalisi pemerintahan yang memiliki kekuatan, dan juga dari kami, seluruh warga negara,” imbuh Barak.

“Ini benar-benar darurat! Inti dari bencana yang kita alami adalah bahwa di tengah bencana ini, Israel dipimpin oleh sebuah pemerintahan dan seorang perdana menteri yang jelas-jelas tidak layak untuk menjabat,” sambung dia.

“Orang-orang yang bertanggung jawab atas apa yang terjadi pada tanggal 7 Oktober dan bertanggung jawab atas kegagalan perang di Gaza tidak cocok untuk memimpin Israel memasuki era baru yang risikonya akan jauh lebih besar.”
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0912 seconds (0.1#10.140)
pixels