Mengapa Paus Fransiskus Mengundang Komedian ke Vatikan?

Sabtu, 15 Juni 2024 - 23:23 WIB
loading...
Mengapa Paus Fransiskus Mengundang Komedian ke Vatikan?
Paus Fransiskus mengundang para komedian berkumpul di Vatikan. Foto/AP
A A A
VATICAN CITY - Ketika para pemimpin dunia berkumpul di Italia untuk menghadiri pertemuan puncak yang membahas krisis global yang sudah mengakar, Paus Fransiskus menjadi tuan rumah pertemuan internasional untuk menyampaikan pesannya sendiri – tentang pentingnya humor.

Pemimpin Gereja Katolik itu menjadi tuan rumah konklaf komedian di Vatikan dengan mengundang Whoopi Goldberg, Jimmy Fallon, Julia Louis-Dreyfus, Chris Rock, Stephen Colbert, Conan O’Brien dan lainnya ke Vatikan.

Lebih dari 200 orang hadir di Istana Apostolik, dengan lebih dari 100 komedian dari 15 negara. Goldberg dan Louis-Dreyfus terlihat di barisan depan.

Sebelum persidangan dimulai, Fallon terlihat berkeliaran di depan ruang audiensi, sebelum segera disuruh duduk saat Paus hendak berjalan melewati pintu.

Komedi Mempersatukan Orang

“Di tengah begitu banyak berita suram, saat kita berada dalam banyak keadaan darurat sosial dan bahkan pribadi, Anda memiliki kekuatan untuk menyebarkan kedamaian dan senyuman,” kata Paus pada pertemuan tersebut.

“Kalian menyatukan orang-orang, karena tertawa itu menular,” katanya, menambahkan bahwa ia telah berdoa selama 40 tahun untuk selera humor yang baik, menambahkan leluconnya sendiri dan di bagian akhir, ia meminta para hadirin untuk “Saya mohon kalian berdoa bagi saya: karena, dengan senyuman, bukan menentang!” – dan disambut tawa penonton.


Membuat Orang Tersenyum saat Menghadapi Masalah

“Anda berhasil membuat orang tersenyum bahkan saat menghadapi masalah dan kejadian, besar maupun kecil. Anda mengecam penyalahgunaan kekuasaan; Anda menyuarakan situasi yang terlupakan; Anda menyoroti pelanggaran; Anda menunjukkan perilaku yang tidak pantas,” tambah Paus Fransiskus.

Paus berusia 87 tahun itu mengatakan bahwa humor dapat mengatasi “hambatan sosial” dan membantu menciptakan “hubungan antar manusia.”

“Meskipun komunikasi saat ini sering kali menimbulkan konflik, Anda tahu cara menyatukan realitas yang beragam dan terkadang bertentangan. Betapa banyak yang perlu kami pelajari dari Anda!” kata Paus.

Tidak Masalah Menertawakan Tuhan

Paus Fransiskus juga mengatakan tidak apa-apa untuk “menertawakan Tuhan” dengan cara yang sama seperti “kita bermain dan bercanda dengan orang yang kita cintai.”

Usai menyampaikan pidatonya, Paus menyapa seluruh komedian secara individu, berbagi tawa dan lelucon dengan beberapa dari mereka, termasuk Rock, Fallon dan Colbert, saat ia meninggalkan ruang audiensi.

“Itu luar biasa,” kata Whoopi Goldberg kepada wartawan. Ketika ditanya apakah dia bertanya lagi kepada Paus apakah dia akan muncul di “Sister Act 3,” dia berkata: “Saya pikir ini bukan tempat yang tepat untuk mengungkitnya, tapi saya mungkin akan mengirim email.”
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1288 seconds (0.1#10.140)
pixels