7 Faktor yang Akan Menentukan Siapa Pemenang Pemilu Presiden AS 2024

Sabtu, 15 Juni 2024 - 20:20 WIB
loading...
A A A
Melansir The Week, kabar buruk bagi Trump datang ketika Biden terus mengumpulkan uang, dan baru-baru ini dilaporkan mengumpulkan dana sebesar USD26 juta dalam penggalangan dana dengan mantan Presiden Barack Obama dan Bill Clinton pada bulan Maret. Presiden "tampaknya mendapat keunggulan karena aparat Partai Demokrat, dan kekuatan penggalangan dana, dengan cepat bersatu mendukungnya," kata The New York Times.

Namun, Trump kini juga mendapat dukungan dari Komite Nasional Partai Republik, setelah menempatkan loyalis Trump dalam sebuah langkah yang "menggarisbawahi kecepatan operasi Trump untuk mengambil alih operasi Partai Republik," kata Politico.

Dan satu hal positif yang tampak bagi mantan presiden tersebut adalah dalam bentuk bantuan keuangan setelah dia dinyatakan bersalah, dimana tim kampanye Trump melaporkan bahwa mereka berhasil mengumpulkan USD141 juta pada bulan Mei, didukung oleh lonjakan $51 juta segera setelah dia dinyatakan bersalah.

Hal ini menunjukkan pergeseran besar dari dominasi penggalangan dana seperti yang terjadi pada Biden dalam beberapa bulan terakhir, meskipun presiden masih mempertahankan keuntungan besar dalam pundi-pundi kampanyenya.

Trump "tidak akan menang karena Amerika jatuh cinta pada mantan presiden tersebut, kebijakan-kebijakannya, atau gagasan untuk memiliki orang kuat yang menjalankan negara," namun kegelisahan terhadap Biden dapat memungkinkan dia untuk "terpilih sebagai presiden sambil menang bahkan kurang dari 46% suara." suara populer nasional yang diperolehnya pada tahun 2016," kata Perry Bacon Jr. untuk The Washington Post. Meskipun sama seperti segala hal yang berkaitan dengan keyakinan Trump, sulit untuk membuat perkiraan yang benar-benar akurat tentang bagaimana masyarakat akan bersandar.

6. Sulit Mengukur Opini Publik di AS

7 Faktor yang Akan Menentukan Siapa Pemenang Pemilu Presiden AS 2024

Foto/AP

Dan pada akhirnya, upaya untuk memprediksi hasil pemilu hanyalah sekedar tebakan, kata para ahli – terutama dalam hal pemungutan suara. Meskipun jajak pendapat adalah "cara efektif untuk mengukur opini publik", hal ini tidak berarti "bahwa jajak pendapat yang dilakukan saat ini akan secara akurat menentukan siapa yang akan memenangkan pemilihan presiden," kata Philip Bump untuk The Washington Post.

Selain itu, bahkan jajak pendapat publik yang dilakukan sebelum pemilu “hampir pasti hanya akan menunjukkan siapa yang lebih berpeluang menang,” kata Bump. Dan jajak pendapat telah salah – terkadang sangat salah – di masa lalu; Pada Hari Pemilu 2016, The New York Times memperkirakan Hillary Clinton memiliki peluang 85% untuk mengalahkan Trump.

7. Ingat, Ada Politik Dinasti yang Bermain

7 Faktor yang Akan Menentukan Siapa Pemenang Pemilu Presiden AS 2024

Foto/AP

Faktor X lainnya dalam pemilihan ini adalah Robert F. Kennedy Jr. Meskipun ia mengikuti pemilihan sebagai seorang Demokrat, Kennedy kini mencalonkan diri sebagai calon independen dan jajak pendapat menunjukkan bahwa ia berpotensi memainkan peran sebagai spoiler pihak ketiga.

Ini adalah sesuatu yang ditolak oleh Kennedy sendiri, meskipun beberapa orang di Gedung Putih dilaporkan percaya bahwa Kennedy "menimbulkan ancaman nyata terhadap peluang terpilihnya kembali Presiden Joe Biden," kata Forbes. Namun, meski sebagian besar analis meyakini pencalonan RFK Jr. kemungkinan besar akan menjadi masalah bagi Biden, jajak pendapat menunjukkan bahwa mungkin Trump-lah yang akan mendapat masalah; jajak pendapat NBC News pada bulan April menemukan bahwa Kennedy kemungkinan akan menyedot lebih banyak pemilih dari Trump daripada Biden, seperti jajak pendapat RMG dan New York Times yang disebutkan di atas yang juga menunjukkan Kennedy menarik lebih banyak pemilih Trump.

Jadi, meskipun Gedung Putih dan Partai Demokrat mengkhawatirkan Kennedy, tampaknya tim Trump juga sama khawatirnya, karena mantan presiden tersebut "mungkin menyesali kampanye RFK Jr.," kata Business Insider.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0681 seconds (0.1#10.140)