Pengacara Sebut Assange Mungkin akan Diekstradisi ke AS

Jum'at, 12 April 2019 - 10:54 WIB
Pengacara Sebut Assange Mungkin akan Diekstradisi ke AS
Pengacara Sebut Assange Mungkin akan Diekstradisi ke AS
A A A
LONDON - Baltasar Garzon, mantan hakim yang kini memimpin tim pembela untuk pendiri WikiLeaks, Julian Assange, mengatakan kliennya mungkin akan diesktradisi ke Amerika Serikat (AS). Garzon menyebut, di AS Assange mungkin akan menghadapi penyiksaan.

Assange ditangkap oleh polisi Inggris, setelah suakanya dicabut oleh pemerintah Ekuador. Assange sejak 2012 telah mendapat perlindungan dari pemerintah Ekuador dan telah tinggal di Kedutaan Besar Ekuador di London.

"Kami belum melihat janji-janji ini. (Informan WikiLeaks) Chelsea Manning telah mengalami penyiksaan. Kami memiliki alasan serius (untuk khawatir) bahwa hal ini dapat terjadi. Lagi pula, tidak ada jaminan," ucap Garzon.

"Lagi pula, ada beberapa contoh ketika Inggris diekstradisi orang-orang yang tidak memiliki jaminan semacam ini. Mari kita tunggu dan lihat apa yang dikatakan pengadilan Inggris tentang ekstradisi," sambungnya, seperti dilansir Sputnik pada Jumat (12/4).

Dia menekankan, bahwa Assange berisiko dikenai penganiayaan yang bermotivasi politik oleh AS. Garzon kemudian menyalahkan pemerintah Ekuador karena menempatkan Assange dalam "risiko serius", dan menekankan bahwa kliennya telah memenuhi semua persyaratan otoritas Ekuador, meskipun ada klaim yang berlawanan.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4694 seconds (0.1#10.140)