alexametrics

Setelah Berkuasa 3 Dekade, Bashir Mundur sebagai Presiden Sudan

loading...
Setelah Berkuasa 3 Dekade, Bashir Mundur sebagai Presiden Sudan
Bashir mengundurkan diri setelah adanya demonstrasi besar-besaran yang terjadi sejak Desember lalu di Sudan yang menuntut pengunduran dirinya. Foto/Reuters
A+ A-
KHARTOUM - Presiden Sudan, Omar al-Bashir dilaporkan telah mengundurkan diri. Bashir mengundurkan diri setelah adanya demonstrasi besar-besaran yang terjadi sejak Desember lalu di Sudan yang menuntut pengunduran dirinya.

"Saya dapat mengkonfirmasikan bahwa Bashir telah mundur setelah adanya tekanan yang menumpuk padanya oleh tentara dan para pemrotes," kata seorang sumber militer Sudan dalam sebuah pernyataan.

Sumber militer tersebut, seperti dilansir Anadolu Agency pada Kamis (11/4), mengatakan bahwa pemerintah transisi telah dibentuk oleh militer untuk memerintah negara itu untuk sementara waktu.



Ratusan ribu orang telah turun ke jalan-jalan di ibukota Khartoum untuk merayakan penggulingan pemerintahan Bashir, yang sudah berkuasa selama 30 tahun. Media setempat melaporkan bahwa saat ini Bashir dalam tahanan rumah dan pengawalnya telah ditahan.

Sementara itu, intelijen militer Sudan menahan lebih dari 100 eksekutif Partai Kongres Nasional yang berkuasa. Di antara mereka yang ditangkap adalah mantan Menteri Pertahanan Abdel Rahim Mohammed Hussein, mantan Wakil Presiden Ali Osman Taha, dan kepala Partai Kongres Nasional Ahmed Haroun.
(esn)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak