Terungkap, Bos ISIS al-Baghdadi Jadi Ekstrem karena Penyiksaan Seks oleh AS

Selasa, 11 Juni 2024 - 11:46 WIB
loading...
Terungkap, Bos ISIS al-Baghdadi Jadi Ekstrem karena Penyiksaan Seks oleh AS
Pemimpin ISIS yang telah tewas, Abu Bakr al-Baghdadi. Menurut jandanya, al-Baghdadi berubah jadi ekstrem setelah mengalami penyiksaan seksual selama jadi tahanan AS. Foto/REUTERS
A A A
BAGHDAD - Pemimpin ISIS yang telah tewas, Abu Bakr al-Baghdadi, mengalami penyiksaan seksual saat menjadi tahanan Amerika Serikat (AS) di penjara Irak. Itu secara psikologis membuatnya trauma dan membawanya ke jalur ekstremisme.

Janda al-Baghdadi, Umm Hudaifa, mengungkap hal itu dalam sebuah wawancara dengan BBC News.

Al-Baghdadi tewas dalam operasi militer AS di Suriah pada Oktober 2019. Sejak kematiannya, kelompok ISIS mengalami pergantian pemimpin selama beberapa kali.

Umm Hudaifa mengatakan mendiang suaminya sebelumnya religius tetapi tidak ekstremis.



Namun, kata dia, al-Baghdadi berubah setelah ditahan di Kamp Bucca yang dikelola Amerika di Irak pada tahun 2004. Saat itu, al-Baghdadi ditangkap atas tuduhan mendirikan kelompok militan untuk melawan pasukan pendudukan Amerika dan sekutu Barat di negara tersebut.

"Dia konservatif tetapi berpikiran terbuka," kata Umm Hudaifa, mengklaim bahwa penahanannya selama setahun yang mengubah al-Baghdadi menjadi pemimpin ISIS yang kemudian dikenal oleh dunia internasional.

"Setelah mengalami masalah psikologis usai pembebasannya, al-Baghdadi menjadi pemarah dan amarahnya mudah meledak-ledak," ujarnya.

Ketika al-Baghdadi ditanya tentang hal, kata Umm Hudaifa, mendiang suaminya saat itu mengatakan kepadanya bahwa dia dihadapkan pada sesuatu. "Sesuatu yang 'kamu tidak dapat mengerti’,” kenangnya tanpa menjelaskan secara rinci, yang menurut Umm Hudaifa berarti al-Baghdadi “menjadi sasaran penyiksaan seksual”.

Sekarang, hampir lima tahun setelah kematian al-Baghdadi dan kekalahan militer dan teritorial ISIS, Umm Hudaifa ditahan di penjara Irak di ibu kota, Baghdad, sambil diselidiki atas dugaan keterlibatan dalam kejahatan seperti perbudakan seksual terhadap perempuan dan gadis-gadis yang diculik oleh kelompok ekstremis tersebut.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2133 seconds (0.1#10.140)
pixels