Belanda Sebut Negara Timur Tengah Telah Kecewakan Warganya

Minggu, 07 April 2019 - 23:21 WIB
Belanda Sebut Negara Timur Tengah Telah Kecewakan Warganya
Belanda Sebut Negara Timur Tengah Telah Kecewakan Warganya
A A A
AMMAN - Menteri Kerjasama Perdagangan dan Pembangunan Belanda, Sigrid Kaag menyebut negara-negara Timur Tengah telah mengecewakan warganya. Dia mengatakan, para pemimpin negara di kawasan harus berbuat lebih banyak untuk memenuhi tuntutan warga mereka.

Kaag menuturkan, bahwa masalah Timur Tengah tidak hanya sebatas pada isu Israel dan Palestina. Dia menegaskan, banyak isu penting lainnya di kawasan, seperti pengangguran, yang harus diselesaikan.

"Lembaga-lembaga (di wilayah) telah mengecewakan warga mereka sendiri," kata Kaag, saat berbicara di sela-sela pertemuan Forum Ekonomi Dunia (WEF) yang diadakan di Laut Mati, Yordania, seperti dilansir Arab News pada Minggu (7/4).

“Tidak semuanya terkait dengan konflik Israel-Palestina. Tidak ada pekerjaan. Tidak ada masa depan. Sektor publik membengkak. (Warga) ingin tahu bagaimana pemerintah mereka akan mengatasi ini," ungkapnya.

Dia kemudian mengatakan bahwa Uni Eropa (UE) dan masing-masing negara Eropa, tidak mungkin memainkan peran sentral di Timur Tengah dan lebih mungkin untuk mendukung inisiatifPBB. Kaag menyebut, UE dan PBB juga hanya dapat memberikan bantuan kemanusiaan kepada negara-negara di kawasan yang sedang terkena krisis.

"Kepemimpinan pada akhirnya harus berasal dari negara sendiri. Eropa dapat memberikan dukungan. Kami tidak hidup di era neo-kolonial," tukasnya.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3215 seconds (0.1#10.140)