5 Negara Bekas Jajahan Belanda, Nomor 2 Banyak yang Fasih Bahasa Jawa

Sabtu, 23 April 2022 - 03:30 WIB
loading...
5 Negara Bekas Jajahan Belanda, Nomor 2 Banyak yang Fasih Bahasa Jawa
Imigran asal Jawa dibawa Belanda ke Suriname pada 1880-an. Foto/wikiwand
A A A
AMSTERDAM - Belanda pernah menjajah Indonesia selama 350 tahun. Selain Indonesia, beberapa negara seperti Suriname, Afrika Selatan, Malaysia, India juga pernah dijajah oleh Belanda.

Ketika menjajah, Negeri Kincir Angin ini melakukan berbagai hal. Mulai dari menguasai sumber daya alam potensial negara jajahan hingga menyiksa penduduknya.

Berikut daftar negara bekas jajahan Belanda.

1. Indonesia

Belanda pernah menjajah Indonesia selama 350 tahun. Negara ini menjajah Indonesia dengan mengeksploitasi sumber daya alam dan sumber daya manusia yang dimiliki Indonesia.

Kekejaman pemerintah Belanda mulai terasa ketika Belanda mewajibkan masyarakat Indonesia melakukan sistem tanam paksa. Sistem ini diperkenalkan oleh Gubernur Jenderal Johannes van den Bosch pada 1830.

Sistem ini memberatkan masyarakat, karena 20% tanah dari desa digunakan untuk penanaman komoditas ekspor seperti kopi dan teh.

Selain itu, sistem tanam paksa juga menimbulkan kelaparan hingga wabah penyakit. Penjajahan Belanda atas Indonesia berakhir pada 1942.

2. Suriname

Negara di wilayah Amerika Selatan, Suriname, juga pernah menjadi koloni Belanda. Belanda menjajah Suriname pada 1668-1905.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1056 seconds (0.1#10.140)