Liga Arab: 40 Negara Batalkan Rencana Pindahkan Kedutaan ke Yerusalem

Selasa, 02 April 2019 - 18:50 WIB
Liga Arab: 40 Negara Batalkan Rencana Pindahkan Kedutaan ke Yerusalem
Liga Arab: 40 Negara Batalkan Rencana Pindahkan Kedutaan ke Yerusalem
A A A
KAIRO - Liga Arab mengklaim telah sukses membuat puluhan negara membatalkan niat mereka untuk mengikuti langkah Amerika Serikat (AS), untuk memindahkan Kedutaan Besar mereka di Israel ke Yerusalem.

"Upaya Liga Arab telah menghentikan sejumlah negara untuk mengikuti jejak AS dan memindahkan kedutaan mereka ke Yerusalem," kata Wakil Sekretaris Jenderal Liga Arab, Hossam Zaki.

"Jika bukan karena upaya Arab, lebih dari 40 negara akan mengikuti langkah-langkah AS dan memindahkan kedutaan mereka ke Yerusalem dalam beberapa bulan," sambungnya dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Sputnik pada Selasa (2/4).

Presiden AS, Donald Trump secara resmi mengakui Yerusalem, juga diklaim oleh Palestina, sebagai Ibu Kota Israel pada tahun 2017 dan memindahkan Kedutaan Besar AS di Tel Aviv pada musim semi berikutnya.

Australia, Guatemala, Brasil, Honduras dan Republik Ceko sejauh ini mengakui kota suci sebagai Ibu Kota Israel. AS juga mengakui kedaulatan Israel atas Dataran Tinggi Golan Suriah yang didudukinya setelah perang 1967, suatu langkah yang sangat dikutuk oleh masyarakat internasional.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4790 seconds (0.1#10.140)