4 Kamp Pengungsi di Gaza, Tempat Berlindung Warga Palestina saat Genosida Israel

Jum'at, 07 Juni 2024 - 21:10 WIB
loading...
4 Kamp Pengungsi di...
Warga Palestina berjalan sambil memeriksa kerusakan setelah pasukan Israel mundur dari sebagian kamp pengungsi Jabalia, di Jalur Gaza utara, 30 Mei 2024. Foto/REUTERS/Mahmoud Issa
A A A
GAZA - Kamp pengungsi di Gaza merupakan tempat penampungan bagi warga Palestina yang terpaksa meninggalkan rumah mereka akibat genosida yang dilakukan Israel.

Berbagai kamp pengungsi pun muncul di Gaza. Kamp pengungsi menjadi tempat yang diharapkan menjadi perlindungan bagi warga sipil. Meski demikian, Israel terus menyerang kamp-kamp pengungsi itu hingga menewaskan dan melukai banyak warga Palestina.

Berikut ini beberapa kamp pengungsi yang ada di Gaza:

1. Kamp Nuseirat


Kamp Nuseirat terletak di Jalur Gaza bagian tengah, kamp ini baru-baru ini menjadi sorotan karena serangan udara Israel yang menewaskan 40 pengungsi Palestina.

Kamp ini terletak di tengah Jalur Gaza, lima kilometer timur laut Deir al-Balah. Kamp ini didirikan untuk menampung pengungsi dari daerah selatan Palestina seperti Beersheba dan dataran pesisir.

Menurut Biro Pusat Statistik Palestina, kamp ini memiliki populasi sekitar 86.598 jiwa pada tahun 2017. Jumlah tersebut jelas meningkat drastis karena genosida Israel memaksa hampir seluruh warga Gaza terus mengungsi di dalam wilayah yang dikepung itu.

Kamp Nuseirat baru-baru ini menjadi sorotan karena serangan udara Israel yang menewaskan 40 orang yang mencari perlindungan di sekolah yang dikelola PBB.

2. Kamp Jabalia


Kamp Jabalia adalah salah satu kamp pengungsi terbesar di Gaza. Kamp ini menampung lebih dari 100 ribu orang, kebanyakan adalah keturunan Palestina yang terdampak perang Arab-Israel pada tahun 1948.

Terletak di utara Kota Gaza, kamp ini dekat dengan desa yang bernama sama. Pengungsi yang menetap di kamp ini kebanyakan berasal dari desa-desa di Palestina selatan setelah Perang 1948.

Jabalia adalah kamp pengungsi terbesar di Jalur Gaza dengan 116.011 pengungsi Palestina terdaftar di UNRWA. Jumlah pengungsi saat ini jelas meningkat pesat seiring genosida Israel yang masih berlangsung.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1691 seconds (0.1#10.140)