Agama Warga Negara Slovenia dan Persentasenya

Jum'at, 07 Juni 2024 - 15:45 WIB
loading...
Agama Warga Negara Slovenia dan Persentasenya
Seseorang mengibarkan bendera Palestina saat para anggota parlemen bertepuk tangan setelah parlemen Slovenia menyetujui pengakuan negara Palestina yang merdeka, di Lubljana, Slovenia, 4 Juni 2024. Foto/REUTERS/Borut Zivulovic
A A A
LJUBLJANA - Slovenia merupakan negara anggota Uni Eropa (UE) dan Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO). Penduduknya menganut berbagai agama, namun mayoritas adalah Katolik.

Secara geografis, Slovenia menjadi salah satu negara di kawasan Eropa Tengah. Secara resmi, negara itu bernama Republik Slovenia.

Melihat wilayahnya, Slovenia memiliki ibu kota di Ljubljana. Negara ini berbagi perbatasan dengan Italia di barat, Austria di utara, Hungaria di timur laut, serta Kroasia di selatan dan tenggara.

Pada sektor kehidupan beragama, warga Slovenia diketahui menganut sejumlah agama atau kepercayaan yang berbeda. Berikut ini persentasenya yang bisa diketahui.

Agama Warga Negara Slovenia

1. Katolik Roma


Kebebasan beragama di Slovenia telah ditentukan oleh konstitusi dan undang-undang yang berlaku. Artinya, setiap warga negara diberikan kebebasan untuk menganut agama atau kepercayaan tertentu.

Mengutip data Departemen Luar Negeri Amerika Serikat (Deplu AS), mayoritas penduduk Slovenia menganut agama Katolik Roma. Jumlahnya pun terbilang sangat besar dari perkiraan total penduduk Slovenia yang mencapai 2,1 juta jiwa pada 2022.

Gereja Katolik Roma memperkirakan keanggotaan pemeluknya di Slovenia mencapai angka 1,5 juta orang. Jika dikonversi, angkanya mungkin setara dengan 71% dari total populasi.

2. Islam


Islam juga memiliki cukup banyak penganut di Slovenia. Menurut Sekretaris Jenderal Komunitas Islam Slovenia (Islamic Community), populasi Muslim di negara ini mencapai 100.000 orang atau sekitar 5%.

Persebaran pemeluk Islam di Slovenia pun beragam. Sebagian di antaranya berasal dari pengungsi atau imigran hingga pekerja asing.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1657 seconds (0.1#10.140)
pixels