Wali Kota Perempuan di Meksiko Dibunuh hanya Beberapa Jam Wanita Yahudi Terpilih sebagai Presiden

Rabu, 05 Juni 2024 - 16:21 WIB
loading...
Wali Kota Perempuan di Meksiko Dibunuh hanya Beberapa Jam Wanita Yahudi Terpilih sebagai Presiden
Yolanda Sánchez Figueroa ditembak hanya beberapa jam setelah perempuan Yahudi terpilih sebagai presiden Meksiko. Foto/Facebook
A A A
MEXICO CITY - Wali kota perempuan di kota Cotija di Meksiko barat, Yolanda Sánchez Figueroa, ditembak mati pada Senin (3/6/2024). Ituhanya beberapa jam setelah negara tersebut memilih presiden perempuan pertama dalam pemilu yang dirusak oleh serangan mematikan terhadap para kandidat.

Yolanda Sánchez Figueroa, Wali Kota Cotija di negara bagian Michoacán, sedang berjalan dari gym kembali ke rumahnya bersama pengawalnya ketika mereka ditembak oleh orang-orang di dalam van putih, kata jaksa agung negara bagian dalam sebuah pernyataan.

Sánchez Figueroa dan pengawalnya kemudian meninggal di rumah sakit.

Melansir CNN, konfirmasi kematian Sánchez Figueroa terjadi beberapa jam setelah Claudia Sheinbaum menang telak untuk menjadi presiden perempuan pertama Meksiko, menandai sebuah pencapaian di negara yang terkenal dengan budaya patriarki dan maraknya pembunuhan terhadap perempuan.

Kekerasan yang meluas terhadap politisi tampak besar dalam pemilu ini, yang merupakan pemilu paling berdarah dalam sejarah Meksiko. Puluhan kandidat dan kandidat politik dibunuh oleh organisasi kriminal selama musim kampanye dalam upaya mempengaruhi pemungutan suara.

Sheinbaum akan memulai masa jabatannya sebagai presiden pada 1 Oktober, menggantikan Presiden Andrés Manuel López Obrador yang akan keluar, sekutu lamanya yang program kesejahteraan sosialnya mengangkat banyak warga Meksiko keluar dari kemiskinan, menjadikan partai sayap kiri Morena sebagai favorit dalam jajak pendapat.



Namun ia mewarisi epidemi kekerasan yang dipimpin geng dan penghilangan paksa yang belum terselesaikan di negara tersebut dan menghadapi tugas mendesak untuk meningkatkan keamanan dalam negeri dan perbatasan.

Tingkat pembunuhan di Meksiko termasuk yang tertinggi di dunia dan tetap menjadi tempat yang berbahaya bagi perempuan, dengan angka yang menunjukkan sekitar 10 perempuan dibunuh setiap hari. Lebih dari 100.000 orang masih hilang di negara ini, tanpa penjelasan mengenai nasib mereka. Menurut lembaga think tank Mexico Evalua, sekitar 95% dari seluruh kejahatan nasional tidak terselesaikan di negara tersebut pada tahun 2022.

Sánchez Figueroa sebelumnya diculik pada September 2023 di kota Zapopan, dan dibebaskan tiga hari kemudian. Tiga pria ditangkap dan didakwa melakukan penculikan.

Pihak berwenang setempat, termasuk pemerintah Michoacán, mengutuk serangan mematikan terhadap walikota dan pengawalnya.

“Operasi keamanan yang dikoordinasikan dengan badan-badan federal telah dikerahkan untuk menemukan mereka yang bertanggung jawab atas insiden tersebut,” kata Kementerian Keamanan Publik negara bagian tersebut.

(ahm)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4359 seconds (0.1#10.140)
pixels