3 Alasan Korea Utara Kirim Balon Sampah ke Korea Selatan, Salah Satunya Kebebasan Berekspresi

Rabu, 05 Juni 2024 - 19:35 WIB
loading...
3 Alasan Korea Utara...
Korea Utara mengirimkan balon berisi sampah dan tinja sebagai bentuk kebebasan berekspresi. Foto/AP
A A A
SEOUL - Korea Utara kembali menarik perhatian dunia belakangan ini. Terbaru, Pyongyang menerbangkan balon-balon berisi sampah dan kotoran menuju negara tetangganya, Korea Selatan.

Langkah ini mendapat perhatian dan disebut sebagai strategi baru Korea Utara dalam menghadapi tetangganya di selatan. Sejauh ini, tak terhitung berapa ton sampah yang sudah dikirim melalui balon-balon tersebut.

Lebih jauh, apa sebenarnya maksud dan tujuan Korea Utara mengirim balon sampah ke Korea Selatan? Berikut ini ulasannya.

Alasan Korea Utara Mengirim Balon Sampah ke Korea Selatan

1. Pembalasan untuk Aksi Propaganda Aktivis Korsel

Alasan utama Korea Utara menyerbu wilayah Korea Selatan dengan balon sampah adalah sebagai bentuk pembalasan. Langkah ini dilakukan guna membalas kampanye propaganda aktivis Korsel.

Mengutip Reuters, sebelumnya para aktivis dari Korea Selatan dikatakan sering mengirim balon berisi selebaran anti-Pyongyang ke wilayah Korea Utara. Tak hanya itu, mereka juga biasa menyelipkan makanan, obat-obatan, uang hingga flashdisk berisi video musik serta drama Korea.

Menyikapi langkah para aktivis di Korsel, pihak Korea Utara membalasnya. Namun, mereka tidak membawa selebaran propaganda pada balon, melainkan menyematkan sampah seperti puntung rokok, kain, potongan kertas, dan plastik.


2. Kebebasan Berekspresi

Pihak Korea Utara juga menyebut aksinya menerbangkan balon sampah ke wilayah Korsel sebagai bentuk kebebasan berekspresi. Hal ini disampaikan adik perempuan Kim Jong Un, Kim Yo Jong yang menjadi salah seorang pejabat senior di pemerintahan.

Menurutnya, kegiatan seperti menerbangkan balon sampah tersebut adalah bentuk “kebebasan berekspresi.” Pada pernyataan yang diterbitkan oleh Kantor Berita Pusat Korea (KCNA), Kim mengecam Seoul sebagai kota yang "memalukan" karena mengkritik balon-balon tersebut sambil membela kebebasan berekspresi warganya sendiri.

Lebih jauh, ia mengatakan bahwa balon-balon itu adalah “hadiah ketulusan” bagi warga Korea Selatan yang umumnya selalu menyerukan kebebasan berekspresi. Kim juga berjanji akan mengirim lebih banyak balon lagi ke depannya.

3. Perang Psikologis

Menanggapi aksi pengiriman balon sampah ke Korea Selatan, beberapa pengamat menyebut Korea Utara mungkin ingin "menguji" reaksi Seoul. Terlebih, balon yang dikirim berisi sampah dan kotoran-kotoran lain.

Memasukkan sampah dan benda-benda kotor lain ke dalam balon seakan menjadi provokasi tak langsung dari Korea Utara terhadap Korea Selatan. Pyongyang penasaran akan reaksi Seoul ketika dihadapkan pada tindakan semacam ini yang mengarah ke perang psikologis.

Itulah beberapa alasan Korea Utara kirim balon sampah ke wilayah Korea Selatan.

(ahm)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1384 seconds (0.1#10.140)