Perempuan Keturunan Yahudi Terpilih sebagai Presiden Wanita Pertama Meksiko

Senin, 03 Juni 2024 - 15:35 WIB
loading...
Perempuan Keturunan...
Claudia Sheinbaum menjadi perempuan keturunan Yahudi yang memimpin Meksiko. Foto/AP
A A A
NEW MEXICO - Claudia Sheinbaum terpilih sebagai presiden perempuan pertama Meksiko dengan kemenangan telak yang bersejarah. Dia merupakan perempuan keturunan Yahudi yang bermigrasi ke Meksiko.

Otoritas pemilu resmi Meksiko mengatakan hasil awal menunjukkan mantan wali kota Mexico City berusia 61 tahun itu meraih antara 58% dan 60% suara dalam pemilu yang digelar Minggu. Hal ini membuat dia unggul hampir 30 poin persentase atas rival utamanya, pengusaha wanita Xóchitl Gálvez.

Sheinbaum akan menggantikan mentornya, Presiden Andrés Manuel López Obrador, pada tanggal 1 Oktober. Sheinbaum, mantan ilmuwan energi, menjanjikan kesinambungan, dengan mengatakan bahwa dia akan terus melanjutkan "kemajuan" yang dibuat oleh López Obrador.

Dalam pidato kemenangannya, dia mengatakan kepada para pemilih: “Saya tidak akan mengecewakan Anda.” Para pendukungnya merayakannya di Zócalo, alun-alun utama Mexico City, sambil mengibarkan spanduk bertuliskan "Claudia Sheinbaum, presiden".

Sebelum mencalonkan diri sebagai presiden, Sheinbaum adalah Wali Kota Mexico City, salah satu jabatan politik paling berpengaruh di negara ini dan dianggap membuka jalan bagi kepresidenan.

Sheinbaum, yang kakek dan nenek dari pihak ibu Yahudi berimigrasi ke Meksiko dari Bulgaria untuk melarikan diri dari Nazi, memiliki karir cemerlang sebagai ilmuwan sebelum terjun ke dunia politik. Kakek nenek dari pihak ayah berasal dari Lituania.

Kedua orang tuanya adalah ilmuwan dan Sheinbaum belajar fisika sebelum menerima gelar doktor di bidang teknik energi. Dia menghabiskan waktu bertahun-tahun di laboratorium penelitian terkenal di California untuk mempelajari pola konsumsi energi Meksiko dan menjadi pakar perubahan iklim.

Pengalaman dan aktivisme mahasiswanya akhirnya memberinya posisi sekretaris lingkungan hidup di Mexico City pada saat Andrés Manuel López Obrador menjadi walikota ibu kota.



Pada tahun 2018 ia menjadi walikota perempuan pertama di Mexico City, jabatan yang ia pegang hingga tahun 2023, ketika ia mengundurkan diri untuk mencalonkan diri sebagai presiden.

Pemilu tersebut, yang mempertemukan Sheinbaum dan Gálvez, digambarkan sebagai perubahan besar bagi perempuan di Meksiko.

Edelmira Montiel, 87, mengatakan bahwa dia bersyukur masih hidup melihat seorang perempuan terpilih menduduki jabatan puncak. “Sebelumnya, kami bahkan tidak bisa memilih, dan jika bisa, yang kami lakukan adalah memilih orang yang suami Anda suruh Anda pilih. Syukurlah hal itu telah berubah dan saya bisa menjalaninya,” katanya kepada kantor berita Reuters, merujuk pada fakta bahwa perempuan hanya diperbolehkan memilih dalam pemilu nasional pada tahun 1953.

Meskipun fakta bahwa dua kandidat terdepan adalah perempuan mendapat pujian luas, kampanye tersebut dirusak oleh serangan kekerasan.

Selain presiden baru, para pemilih juga memilih seluruh anggota Kongres Meksiko dan gubernur di delapan negara bagian, kepala pemerintahan Mexico City, dan ribuan pejabat lokal. Dan para kandidat lokal khususnyalah yang menjadi sasaran menjelang pemungutan suara.

Pemerintah mengatakan lebih dari 20 orang tewas di seluruh Meksiko, meskipun survei lain menyebutkan totalnya 37 orang.

Xóchitl Gálvez, saingan Sheinbaum, mengkritik keras pemerintah dan saingannya dalam pemilihan presiden atas kekerasan yang merusak sebagian besar Meksiko. Ia berjanji untuk menjadi "presiden paling berani, presiden yang berani menghadapi kejahatan" jika terpilih, namun gagal memberikan banyak rincian tentang bagaimana ia akan mengatasi kartel kriminal yang berada di balik sebagian besar kekerasan.

LĂłpez Obrador, yang berkuasa sejak 2018, dilarang mencalonkan diri untuk masa jabatan kedua berdasarkan konstitusi Meksiko, yang membatasi masa jabatan presiden hanya untuk satu masa jabatan enam tahun. Dia malah memberikan dukungannya pada Sheinbaum.

Mendapat dukungan dari presiden populer, yang memiliki tingkat persetujuan hampir 60%, memberikan dorongan besar bagi kampanye Sheinbaum.

Banyak dari mereka yang memilihnya mengatakan bahwa mereka mendukung program Morena untuk mengentaskan kemiskinan dan ingin program tersebut dilanjutkan. Partai ini membanggakan bagaimana jutaan orang Meksiko telah berhasil keluar dari kemiskinan selama enam tahun terakhir.

Namun, para ekonom telah menunjukkan bahwa ada juga faktor-faktor lain yang berperan, seperti peningkatan pengiriman uang yang dikirim oleh warga Meksiko yang tinggal di luar negeri kepada keluarga mereka di dalam negeri, namun para pemilih tampaknya mendukung apa yang mereka lihat sebagai formula kemenangan.

(ahm)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1298 seconds (0.1#10.140)