Pertama di Dunia, Jet Tempur Siluman F-35 Belanda Resmi untuk Serangan Nuklir

Sabtu, 01 Juni 2024 - 14:03 WIB
loading...
Pertama di Dunia, Jet...
Belanda jadi negara pertama di dunia yang mendeklarasikan jet tempur siluman F-35 mereka resmi untuk misi serangan nuklir. Foto/REUTERS
A A A
AMSTERDAM - Belanda telah menjadi negara pertama di dunia yang mendeklarasikan jet tempur siluman F-35 mereka resmi untuk misi serangan nuklir.

Langkah ini sudah diduga sejak pesawat tersebut disertifikasi penuh untuk membawa bom termonuklir B61-12 awal tahun ini.

Keputusan Belanda, yang efektif berlaku mulai Sabtu (1/6/2024), diambil di tengah-tengah perang Rusia-Ukraina—sebuah perkembangan penting dalam konteks postur pencegahan nuklir NATO di Eropa.

Angkatan Udara Kerajaan Belanda (RNLAF) mengumumkan bahwa F-35A mereka sepenuhnya mengambil alih peran misi nuklir per 1 Juni. Peran tersebut diteruskan dari F-16 yang sebelumnya digunakan dalam misi nuklir di Pangkalan Udara Volkel.

Unit F-35 yang bertanggung jawab atas misi ini adalah Skuadron 313, dan senjatanya disediakan berdasarkan pengaturan perjanjian pembagian nuklir NATO.



Kata-kata dalam pernyataan RNLAF menunjukkan bahwa, dalam beberapa bulan terakhir, F-16 dan F-35 berbagi tanggung jawab atas serangan nuklir di pangkalan yang sama, meskipun hal ini belum dikonfirmasi.

Namun, RNLAF sebelumnya mengatakan pihaknya memperkirakan kemampuan operasional penuh F-35 mereka akan diumumkan pada awal tahun 2024.

Karena kemampuan operasional penuh menyiratkan bahwa pesawat tersebut dapat melakukan semua misi F-16 sebelumnya, jet siluman tersebut kemungkinan besar beroperasi dalam sistem nuklir, melakukan tugas tempur setidaknya sejak saat itu.

“Belanda adalah salah satu sekutu NATO yang menyumbangkan Pesawat Berkemampuan Ganda untuk pencegahan nuklir NATO dan merupakan negara Eropa pertama yang melakukan transisi ke F-35 dalam konteks tersebut,” kata RNLAF dalam pengumumannya, seperti dikutip The War Zone.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1664 seconds (0.1#10.140)