Jet Tempur Siluman F-35 AS Senilai Rp2,1 Triliun Jatuh dan Terbakar Habis di Albuquerque

Kamis, 30 Mei 2024 - 09:32 WIB
loading...
Jet Tempur Siluman F-35 AS Senilai Rp2,1 Triliun Jatuh dan Terbakar Habis di Albuquerque
Jet tempur siluman F-35 AS senilai Rp2,1 triliun jatuh dan terbakar habis di Albuquerque. Foto/KOB4 via The Aviationist
A A A
WASHINGTON - Sebuah jet tempur siluman F-35 Amerika Serikat (AS) jatuh dan terbakar habis di lapangan terbang di Albuquerque International Sunport pada Selasa waktu setempat.

Menurut lembar fakta untuk F-35, pesawat tersebut bernilai USD135 juta atau lebih dari Rp2,1 triliun.

Menurut pejabat berwenang Albuquerque International Sunport, pilot selamat dari insiden itu. Dia dalam keadaan sadar, bernapas dan dibawa ke rumah sakit.

Pabrikan jet tempur F-35, Lockheed Martin mengidentifikasi pesawat itu sebagai F-35B yang sedang dalam perjalanan dari Fort Worth, Texas ke Pangkalan Angkatan Udara Edwards di California, dan berhenti di Pangkalan Angkatan Udara Kirtland di New Mexico untuk mengisi bahan bakar.



“Ini adalah pesawat yang dimiliki dan dioperasikan oleh pemerintah AS yang diterbangkan oleh pilot pemerintah dan berhasil keluar dengan selamat,” kata Lockheed Martin dalam pernyataan email kepada USA Today, Kamis (30/5/2024).

“Pesawat tersebut merupakan jet uji yang dilengkapi dengan Technology Refresh 2 (TR-2) dan sedang dipindahkan ke Pangkalan Angkatan Udara Edwards untuk modifikasi peralatan uji tambahan.”

“Keselamatan adalah prioritas kami, dan kami akan mengikuti protokol investigasi yang sesuai,” lanjut pernyataan perusahaan.

Dalam sebuah video yang di-posting ke X pada hari Selasa, Letnan Penyelamat Kebakaran Albuquerque Jason Fejer, yang merupakan petugas informasi publik untuk departemen tersebut, mengatakan mereka mulai menerima laporan tentang dugaan pesawat jatuh sebelum pukul 14.00 waktu lokal.

Fejer membenarkan bahwa pilotnya berhasil keluar dan dibawa ke rumah sakit dengan cedera serius. Departemen tersebut juga mengatakan ada dua warga sipil lainnya yang diperiksa dan dievaluasi di tempat kejadian, namun tidak ada yang dibawa ke rumah sakit.

Fejer mengatakan api telah padam dan kru sedang dalam proses membersihkan lokasi kejadian.

“Bersyukur atas tindakan cepat para petugas pertolongan pertama yang tiba di lokasi kejadian. Berdoa untuk pilotnya,” kata Wali Kota Albuquerque Tim Keller.
(mas)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1459 seconds (0.1#10.140)
pixels