PM Israel Benjamin Netanyahu Kerap Disamakan dengan Hitler, Ini Perbandingannya

Jum'at, 31 Mei 2024 - 14:25 WIB
loading...
PM Israel Benjamin Netanyahu...
Sejumlah pemimpin dunia kerap menyamakan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu dengan diktator Nazi Adolf Hitler. Foto/Redflag
A A A
JAKARTA - Sejumlah pemimpin dunia kerap menyamakan Perdana Menteri (PM) Israel Benjamin Netanyahu dengan diktator Nazi Adolf Hitler.

Perbandingan itu bermunculan setelah perang brutal Israel di Gaza yang hingga kini menewaskan lebih dari 36.000 warga Palestina. Salah satu pemimpin dunia yang membandingkan Netanyahu dengan Hitler adalah Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan.



Perbandingan Netanyahu dengan Hitler


1. Kebijakan terhadap Kelompok Tertentu


Adolf Hitler dikenal karena kebijakan genosidanya terhadap umat Yahudi dan kelompok minoritas lainnya selama Holocaust. Kebijakannya didasarkan pada ideologi rasis dan supremasi Arya.

Benjamin Netanyahu telah dikritik oleh beberapa pemimpin dunia dan komunitas internasional atas kebijakan Israel terhadap Palestina. Para kritikus menuduhnya melakukan diskriminasi dan penindasan terhadap rakyat Palestina. Israel, di bawah kepemimpinan Netanyahu, juga digugat oleh Afrika Selatan di Mahkamah Internasional atas tuduhan melakukan genosida terhadap rakyat Palestina.

2. Kepemimpinan dan Retorika


Adolf Hitler menggunakan propaganda secara luas untuk memanipulasi opini publik dan mengonsolidasikan kekuasaan. Dia dikenal dengan pidato-pidato yang memicu kebencian dan kebijakan totaliter.

Benjamin Netanyahu dikenal sebagai politisi yang lihai berpidato dan menggunakan media untuk mendukung posisinya. Dia kerap berjanji untuk tidak membiarkan Negara Palestina terbentuk.

Meski tidak mengidentifikasi diri sebagai penganut ideologi rasis yang ekstrem, namun pemerintahan Netanyahu diisi para politisi rasis dan berpandangan ekstrem.

3. Penggunaan Kekuasaan


Adolf Hitler memimpin rezim totaliter yang menindas perbedaan pendapat, menghapus hak-hak demokratis, dan melakukan tindakan kekerasan terhadap lawan politiknya.

Benjamin Netanyahu dituduh menggunakan taktik politik yang keras dan kadang-kadang otoriter untuk mempertahankan kekuasaan, termasuk melalui koalisi politik yang kontroversial.

4. Perang dan Konflik


Adolf Hitler memulai Perang Dunia II yang menyebabkan kematian puluhan juta orang.

Benjamin Netanyahu telah terlibat dalam perang dan konflik berulang dengan kelompok-kelompok militan Palestina dan negara-negara tetangga. Korban terbaru dalam Perang Gaza yang melibatkan rezim Netanyahu telah mencapai lebih dari 36.000 warga Palestina.
(mas)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1581 seconds (0.1#10.140)