Ukraina Bisa Gunakan Jet Tempur F-16 Denmark untuk Serang Target di Rusia

Kamis, 30 Mei 2024 - 18:01 WIB
loading...
Ukraina Bisa Gunakan Jet Tempur F-16 Denmark untuk Serang Target di Rusia
Jet tempur F-16 menembakkan rudal jarak menengah dari udara ke udara. Foto/Senior Airman Joshua Hoskins
A A A
KOPENHAGEN - Ukraina dapat menggunakan jet tempur F-16 yang dipasok Denmark untuk mencapai sasaran di wilayah Rusia, menurut Menteri Luar Negeri Denmark Lars Lokke Rasmussen pada Kamis (30/5/2024).

Rasmussen memberi jawaban dari pertanyaan wartawan, apakah jet tempur itu bisa digunakan untuk menyerang wilayah Rusia?

“Jawaban singkatnya adalah ya. Dan ini bukanlah posisi baru. Itu adalah bagian dari donasi. Ketika kami membahas hal itu dengan komite urusan luar negeri kami di parlemen Denmark, kami telah memperjelas sejak awal bahwa serangan terhadap instalasi militer di wilayah agresor adalah bagian dari upaya membela diri,” tegas Rasmussen kepada wartawan menjelang pertemuan Dewan Luar Negeri Bidang Perdagangan, serta Dewan Transportasi, Telekomunikasi dan Energi.

Sebelumnya, Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov mengatakan Rusia akan menganggap pasokan jet tempur F-16 ke Ukraina sebagai tindakan sinyal yang disengaja NATO di bidang nuklir.

“Pada saat yang sama, pasokan pesawat tempur F-16 tidak akan mengubah situasi di jalur kontak dengan cara apa pun,” tegas Lavrov.

Pada Senin, Kementerian Luar Negeri Rusia mengatakan Rusia akan memperlakukan jet tempur F-16 yang dioperasikan Ukraina sebagai aset berkemampuan nuklir.

Negara-negara NATO pimpinan Amerika Serikat terus memasok senjata ke Ukraina untuk melawan Rusia.
Moskow menegaskan pengiriman senjata itu hanya akan memperpanjang perang, tanpa mengubah hasil akhirnya yakni kekalahan Ukraina.

(sya)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1159 seconds (0.1#10.140)
pixels